Beijing (ANTARA) - Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China merilis sebuah rencana untuk membangun lebih dari 110 teluk di seluruh negara itu per 2027 dalam upaya melestarikan ekologi dan lingkungan lautnya.

Teluk-teluk ini akan mencapai keselarasan antara manusia dan lingkungan laut, dengan kementerian tersebut mengatakan bahwa "air jernih dan pantai bersih, serta sekelompok ikan dan sekawanan burung laut" akan terlihat.

Sebanyak 110 teluk tersebut akan menyumbang sekitar 40 persen dari total teluk-teluk utama di China, menurut pihak kementerian.

Baca juga: China promosikan warisan budaya tak benda

Rencana itu juga menetapkan tujuan untuk mengubah tujuh kota, termasuk Xiamen, menjadi zona percontohan di mana seluruh area pesisir dapat digolongkan sebagai teluk yang indah.

Dokumen tersebut merinci tiga tugas, termasuk perlindungan dan pemulihan ekosistem laut yang khas, serta perbaikan saluran pembuangan limbah utama yang bermuara ke laut.

Kementerian itu mengatakan bahwa tujuan jangka panjang China adalah membangun 283 teluk utamanya menjadi teluk yang indah pada 2035, dan angka tersebut termasuk 110 teluk yang diuraikan dalam rencana itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, China menyalurkan peningkatan energi untuk perlindungan ekologi dan lingkungan lautnya sebagai bagian dari upaya mendorong pembangunan China yang indah.

Undang-undang Perlindungan Lingkungan Laut yang direvisi mulai berlaku pada 1 Januari 2024, memperkuat akuntabilitas pemerintah daerah dan menciptakan sistem baru, yang meliputi pengelolaan zonasi dan sistem pengendalian yang komprehensif. 

Baca juga: Peremajaan kota suntikkan vitalitas ke sejumlah jalan kuno di China

Baca juga: Kereta EMU untuk Malaysia diluncurkan di Hunan, China

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024