Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, membuka dan memberikan ruang kreatif bagi seluruh kreativitas generasi muda setempat melalui ajang Denpasar Youth Festival (D'Youth Fest) 4.0 yang digelar pada 9 Juni sampai dengan 7 Juli 2024.

"Kota Denpasar sangat heterogen, kita memberikan ruang kreatif terhadap seluruh kreativitas anak muda, baik itu cosplay, ada yang budaya, parade dan sebagainya," kata Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Minggu.

Jaya Negara dalam acara pembukaan D' Youth Fest 4.0 itu menyampaikan pemerintah setempat pada intinya setiap tahun terus ingin mencari potensi kreatif baru bagi anak muda di Kota Denpasar.

"Ketika kita berikan ruang, maka akan ada tantangan baru dan peluang ekonomi bagi anak-anak muda," ucapnya didampingi Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa.

Pemerintah Kota Denpasar berharap kreativitas anak muda di daerah setempat tidak berhenti dan dapat terus berinovasi.

"Kami akan selalu hadir untuk bisa mendorong anak-anak muda berkreativitas," ucapnya.

Pada acara Pembukaan D' Youth Fest 4.0 itu diisi pertunjukan seni oleh Duta Kota Denpasar yang akan tampil dalam ajang Pesta Kesenian Bali 2024 dan penampilan komunitas cosplay yang membawakan cerita bertema Dragon Ball.

Bahkan Wali Kota Denpasar juga turut menggunakan cosplay dengan pakaian Goku. Dalam cerita tersebut juga dikisahkan permintaan dari para pemain supaya seni, adat dan budaya di Kota Denpasar agar tetap ajeg (kokoh).

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti menambahkan meskipun ajang D'Youth Fest menampilkan seni yang kekinian, namun pada prinsipnya tidak terlepas dari budaya Bali.

"Budaya Bali telah mengakar sebagai jati diri Kota Denpasar yang berwawasan budaya," ucap Riyastiti.

Dalam ajang D'Youth Fest 4.0 akan digelar berbagai agenda untuk mewadahi kreativitas generasi muda Denpasar seperti workshop tattoo, teater remaja, kontes MC, festival band pelajar, Youthland Bkraf Academy.

Selain itu juga Bali Hair Expo, Coswalk Competition, Makin Dekat Festival serta untuk Malam Puncak D'Youth Fest 4.0 akan dilaksanakan di Lapangan Lumintang Denpasar pada 6-7 Juli 2024.

Pada Malam Puncak D'Youth Fest 4.0 dimeriahkan dengan konser musik, workshop, games, pementasan teater, parade J-Ko Culture, community gathering dan parade band remaja.

Baca juga: Maestro dongeng latih permainan tradisional Bali ke guru TK Denpasar
Baca juga: Pemkot Denpasar populerkan kain tradisonal lewat ajang DFS 2024
Baca juga: Dekranasda-Disperindag Denpasar gandeng desainer bangkit lewat DFS

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024