Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat telah menyiapkan 1,1 juta bibit pohon untuk ditanam pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Sebanyak 1,1 juta bibit pohon dari tiga komoditas kami siapkan untuk ditanam pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup, Selasa besok," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar Herdin Ismail, di Mamuju, Senin.

Tiga jenis bibit yang akan ditanam pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu kata Herdin Ismail, yakni sebanyak 600.000 bibit coklat, kopi sebanyak 500.000 bibit, ditambah 30.000 bibit kelapa.

"Jadi, jumlah keseluruhan bibit pohon sebanyak 1.130.000 bibit itu akan diserahkan kepada perwakilan masing-masing kelompok tani. Kelompok tani yang mendapatkan bibit ini melalui proses verifikasi yang saat ini masih sedang berjalan," terang Herdin Ismail.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulbar Mustari Mula mengatakan, penanaman pohon pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Sulbar akan dipusatkan di Lingkungan Sese Kabupaten Mamuju dengan diikuti perwakilan seluruh pemerintah kabupaten.

Baca juga: Pemkab Lutim gelar aksi bersih dan penanaman pohon 
Baca juga: Bupati Banyuwangi bersama pelajar tanam pohon cemara laut

Ia menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah dirangkaikan dengan peringatan Hari Laut Sedunia melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui penanaman pisang cavendish dan sukun.

"Gerakan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia sudah dilakukan di semua kabupaten melalui penanaman pisang cavendish dan sukun. Jadi, puncaknya akan dilaksanakan besok," terang Mustari Mula.

Mustari mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam gerakan penanaman pohon pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu.

Sedangkan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulbar Suyuti Marzuki menyampaikan, pihaknya sejak 8 Juni 2024 sudah melaksanakan berbagai kegiatan dalam menyambut Hari Laut Sedunia.

"Pada puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia besok, kami akan menurunkan spider terumbu karang sebagai penanda semangat kita untuk penanaman mangrove," kata Suyuti.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia Cilacap tanam 1.600 bibit pohon kelapa
Baca juga: AHY pimpin tanam 100.000 pohon peringati Hari Lingkungan Hidup 
Baca juga: Kemenag bersama penyuluh agama tanam sejuta pohon untuk rawat bumi

Pewarta: Amirullah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024