Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyampaikan penyelenggaraan Million Dollar Round Table (MDRT) Day Indonesia 2024 dapat membantu untuk mengembangkan industri asuransi Indonesia melalui peningkatan kemampuan dan pemahaman para praktisi asuransi.

"Acara MDRT Day Indonesia 2024 adalah momentum penting bagi para profesional asuransi untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru. Dengan menghadirkan pembicara berpengalaman dari dalam dan luar negeri, kami berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitas untuk bisa meraih tujuan yang lebih besar dalam karir mereka," kata Direktur Eksekutif Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu dalam konferensi pers mengenai acara MDRT Day 2024 di Jakarta, Senin.

MDRT Day Indonesia 2024 diselenggarakan pada 18 Juli 2024 di The Kasablanka Hall Jakarta.

Togar menjelaskan agen asuransi merupakan ujung tombak perusahaan yang berpengaruh pada kinerja maupun perlindungan finansial masyarakat.

Oleh karena itu penting untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi agen agar dapat mewujudkan pertumbuhan asuransi berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: AAJI: Agen asuransi masih efektif tingkatkan penetrasi di masyarakat

Baca juga: Hasil investasi asuransi jiwa Rp12,32 triliun pada kuartal I 2024


“Agen asuransi merupakan profesi yang bisa menjadi pilihan karir bagi masyarakat. Bergabung dalam bisnis asuransi jiwa memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pengalaman moral dalam membantu perencanaan keuangan masyarakat dan juga beragam manfaat termasuk memperoleh tambahan penghasilan,” ujar Togar.

Adapun hingga akhir Maret 2024, premi asuransi jiwa tercatat tumbuh sebesar 0,9 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi sebesar Rp46 triliun. Aset perusahaan asuransi jiwa tercatat senilai Rp620,47 triliun, atau tumbuh 1,5 persen (yoy).

Menurutnya, hal ini mencerminkan bahwa industri asuransi jiwa masih mempunyai potensi yang sangat besar di Indonesia di tengah berbagai tantangan global saat ini.

Sebagai asosiasi global para praktisi asuransi jiwa dan jasa keuangan profesional, Million Dollar Round Table (MDRT) menilai tantangan yang dihadapi industri asuransi Indonesia saat ini dapat menjadi sebuah potensi tersendiri yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan asuransi jiwa.

MDRT Indonesia Country Chair 2023-2024 Anwar Aonillah menilai para perusahaan asuransi mampu berfokus untuk meningkatkan edukasi, menggali potensi dan melakukan ekspansi yang lebih luas.

Acara ini dapat menjadi wadah dari para profesional asuransi dari seluruh dunia untuk mencetak agen asuransi jiwa yang lebih kompeten.

“Tema Unlimited Goals Unlimited Gains menjadi bagian dari misi kami untuk memberikan solusi asuransi jiwa yang tidak hanya melindungi, tetapi juga memberdayakan agen kami untuk bermimpi besar mencapai tujuan hidup mereka tanpa batas,” ujar Anwar Aonillah.

Dengan program pelatihan dan sertifikasi yang komprehensif, MDRT sebagai asosiasi global bagi praktisi asuransi jiwa memastikan bahwa agen-agen dipersiapkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Anwar memaparkan keanggotaan MDRT diakui secara internasional sebagai standard mutu tinggi di dunia jasa asuransi jiwa dan jasa keuangan.

Saat ini keanggotaan MDRT 2024 di Indonesia berdasarkan data tanggal 5 Juni 2024 sudah mencapai 2,563 dengan jumlah anggota mencapai 878 dan angka tersebut akan terus bertambah sejalan dengan pertumbuhan industri asuransi jiwa di Indonesia.

Baca juga: AAJI: Klaim asuransi jiwa kuartal I-2024 capai Rp42,93 triliun

Baca juga: Pendapatan industri asuransi jiwa Rp60,71 triliun pada kuartal I-2024

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024