Jakarta (ANTARA) - Tim Indonesia bersiap untuk menghadapi Singapura setelah menundukkan Malaysia pada pertandingan fase grup dalam ajang perebutan lambang supremasi tenis beregu putra dunia Piala Davis Group III Asia/Oceania 2024 di Amman, Yordania, Selasa.

Tim Davis Merah Putih berhasil mengalahkan Malaysia dengan menyapu bersih kemenangan 3-0 dalam babak pertama Grup A, Senin (10/6), demikian catatan Piala Davis.

Pada partai pertama Nathan Anthony Barki membawa Indonesia unggul 1-0 dengan kemenangan straight set 6-2, 6-4 atas Darrshan Suresh.

Tim Merah Putih menurunkan Gunawan Trismuwantara pada partai kedua dan sempat dibuat kewalahan oleh tunggal pertama Malaysia Leroy Yong. Namun, petenis asal Jawa Timur berusia 21 tahun itu mampu bangkit dari ketertinggalan untuk menang 3-6, 6-4, 6-2, sekaligus memberi keunggulan 2-0 bagi Indonesia.

Kemenangan Indonesia atas Malaysia pada babak pertama dipastikan oleh ganda Anthony Susanto/Tegar Abdi Satrio Wibowo pada partai ketiga dengan mengalahkan Muhammad Aiman Hamdan/Naufal Siddiq Kamaruzzaman 6-4, 6-3.

Pada babak selanjutnya, tim Davis Indonesia akan berhadapan dengan Singapura, Selasa.

"Alhamdulillah babak pertama kita menang atas Malaysia. Permainan anak-anak semua siap dan siap tanding lagi lawan Singapura hari ini," kata kapten tim Suharyadi melalui pesan instan kepada ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Total 10 negara bertanding pada Piala Davis Group III Asia/Oceania 2024. Format pertandingan berjalan dengan 10 tim tersebut diundi untuk masuk dalam dua pool dengan masing-masing berisi lima tim.

Baca juga: Tim Davis Indonesia dalam kondisi prima hadapi Malaysia

Round-robin akan berlangsung mulai Senin (10/6) hingga Jumat (14/6), dilanjutkan dengan play-off yang dimainkan pada Sabtu (15/6).

Sementara, dua negara penghuni Grup A lainnya adalah Vietnam dan Arab Saudi, sedangkan Grup B dihuni oleh Iran, Yordania, Suriah, Thailand, dan Pacific Oceania.

Tim Davis Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Singapura pada pukul 14.00 waktu setempat atau sekira pukul 18.00 WIB.

Indonesia harus berjibaku di Group III dunia setelah terdegradasi dari Group II pascakekalahan dari tuan rumah Togo dalam Play Off Relegation Davis Cup World Group II pada Februari.

Baca juga: Indonesia terdegradasi ke Grup III Piala Davis
Baca juga: Timnas tenis putra dan putri bersiap untuk Piala Davis dan Piala BJK

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024