Makassar (ANTARA) - Partai Demokrat Sulawesi Selatan(Sulsel) mengeluarkan enam rekomendasi surat tugas kepada bakal calon kepala daerah di enam kabupaten untuk pemenuhan syarat agar diusung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

"Ada enam surat tugas dikeluarkan masing-masing di Kabupaten Gowa, Selayar, Wajo, Luwu, Maros dan Kota Parepare," ujar Ketua DPD I Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe di Makassar, Selasa.

Enam surat yang dikeluarkan tersebut, kata Wakil Ketua DPRD Sulsel ini, ada tiga bakal calon berpasangan dan dua bakal calon bupati serta satu bakal calon wakil bupati.

Tiga pasang bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut diketahui yakni Darmawansyah Muin-Rismayanti Kadir Nyampa untuk Pilkada Gowa, Andi Rosman-Baso Rahmanuddin di Pilkada Wajo dan Chaidir Syam-Suhartina Buhari (petahana) untuk Pilkada Maros.

Selanjutnya, untuk bakal calon Bupati Kepulauan Selayar yakni Andy Ansar. Bakal calon Wali Kota Parepare yaitu, Takiudding dan bakal calon wakil Bupati Luwu Muhammad Dhevy Bijak.

Pria disapa Ulla ini menekankan, enam bakal calon kepala daerah ini diberikan surat tugas merujuk pada hasil survei karena dianggap sudah memenuhi kriteria dari elektabilitas maupun popularitasnya.

Kendati rekomendasi surat tugas diberikan, kata dia, tidak serta merta diberikan surat rekomendasi usungan B.1-KWK atau surat resmi dari partai untuk mendaftar di KPU, sebab ada syarat yang harus dipenuhi.

"Syaratnya harus mencukup kursi DPRD sesuai persyaratan KPU atau berkoalisi dengan partai politik serta hasil survei terakhir. Syarat ini harus dipenuhi sampai batas waktu akhir pada 9 Juli 2024. Selanjutnya, ini kami bawa ke DPP untuk dikeluarkan rekomendasi usungan partai," kata Ulla membeberkan.

Saat ditanyakan bagaimana dengan 18 kabupaten kota lainnya juga menggelar Pilkada serentak, kapan dikeluarkan, dia mengungkapkan dalam waktu dekat menyusul dikeluarkan karena Partai Demokrat telah melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan. Rencananya, untuk Pilkada Tana Toraja ada Jhon Diplomasi dan Pilkada Soppeng ada Selle KS Dalle.

"Segera menyusul dikeluarkan rekomendasi tahap kedua kepada dua kader Demokrat yakni Selle dan John Diplomasi begitu pula dengan daerah lain itu akan bersamaan dikeluarkan," katanya menambahkan.
Baca juga: Demokrat nilai perlu ada satu partai besar jadi oposisi pemerintahan
Baca juga: Partai Demokrat buka sinyal koalisi hadapi Pemilu Pilpres 2024
Baca juga: Ketum Demokrat serahkan tujuh rekomendasi Pilkada serentak di Sulsel

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024