Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menyosialisasikan kepada pengurus masjid dan panitia pemotongan hewan kurban mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara pada Selasa dan Masjid As-Shalihin Tugu Utara pada Rabu (12/6).

"Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari pengurus masjid dan panitia pemotongan hewan kurban," katanya.

Peserta sosialisasi dan pembinaan mendapatkan pengetahuan terkait tata cara pemotongan hewan kurban. Selain itu juga dibekali perlengkapan berupa pisau sembelih dan terpal plastik alas daging untuk pelaksanaan di tempat masing-masing.

Kegiatan sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban diselenggarakan Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Utara dalam rangka pembinaan masyarakat menyambut perayaan Idul Adha. Sosialisasi tersebut berkolaborasi dengan IPC Terminal Petikemas Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut).

Baca juga: Ini sebab daging hewan kurban alot
Baca juga: Hewan kurban boleh dipuasakan makan sebelum disembelih


Direktur Utama IPC Terminal Petikemas, Guna Mulyana berharap kegiatan ini dapat membekali pengurus masjid dan panitia pemotongan hewan kurban yang akan melaksanakan pemotongan hewan kurban sehingga daging yang dibagikan kepada masyarakat sesuai prinsip Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Pihaknya juga memberikan bantuan 100 bilah alat potong berupa pisau dan 100 terpal plastik seluas 20 meter yang diserahkan Corporate Secretary IPC TPK Pramestie Wulandari kepada Kepala Sudin KPKP Unang Rustanto.

Menurut dia, bantuan ini wujud komitmen perusahaan dalam pencapaian Suistainable Development Goals (SDGs) 2.2.2 a. Yaitu kualitas konsumsi pangan yang diindikasikan oleh skor Pola Pangan Harapan (PPH).

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat mendukung program yang sedang dijalankan Pemkot Jakut dalam memastikan pelaksanaan pemotongan hewan kurban bagi warga ring 1 Pelabuhan Tanjung Priok dapat berjalan sesuatu tata cara yang benar,” kata dia.

Ia mengatakan, IPC TPK hadir sebagai kolaborator dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakut dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024