Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 65 Jakarta Indramojo bersedia dipindahkan menjadi guru di dekat kediamannya di Cipayung, Jakarta Timur menyusul adanya petisi dari sekolah tersebut.

Kesediaan itu disampaikan dalam mediasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Daerah Khusus Jakarta (Disdik DKJ) di SMAN 65 Jakarta pada Selasa.

"Saya tadi mendampingi Pak Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik DKJ ke SMAN 65. Pak Kasudin Wilayah 2 Jakbar juga di situ," kata Kepala Seksi (Kasi) 
PTK Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Barat, Hasim saat dihubungi di Jakarta pada Selasa.

​​​​​​Adapun mediasi tersebut dilakukan menyusul petisi yang dibuat oleh guru-guru sekolah itu untuk meminta pergantian kepala sekolah.

Intinya, kata dia, pihaknya sudah berkomunikasi dengan kepala sekolah tersebut. "Dan beliau bersedia, maksudnya ingin kalau memang menjadi guru di dekat rumahnya (wilayah Cipayung)," katanya.

Baca juga: Jakbar selidiki keresahan guru dan murid terhadap Kepsek SMAN 65

Hasim mengatakan bahwa Disdik DKJ juga meminta Indramojo untuk memeriksakan kesehatannya ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terkait kondisi fisiknya. 

"(Indramojo) Bersedia memeriksakan kesehatannya ke rumah sakit, yang ditunjuk itu RSCM. Nanti dinas yang akan membuat surat untuk ke rumah sakitnya," ujar Hasim.

Adapun hingga kini pihak Disdik DKJ belum dapat mengonfirmasi dugaan-dugaan yang terdapat dalam petisi dari para guru lantaran belum ada bukti yang otentik.

"Kita enggak bisa (mengonfirmasi kebenaran petisi) karena kita enggak punya bukti, hanya dari sekolah-sekolah (guru-guru) ini katanya seperti ini, katanya seperti ini. Soal bukti otentik, misalnya, rekaman dan sebagainya kan kita enggak punya," kata Hasim.

Namun, kata Hasim, Disdik DKJ bersepakat agar Indramojo diperiksa dan dipindahkan menjadi guru di sekolah di dekat kediamannya di Cipayung, Jakarta Timur.

"Nah, kita mencari jalan yang terbaik bagaimana, biar beliau fokus dengan kesehatannya, dia bersedia menjadi guru di dekat rumahnya," kata Hasim.

Baca juga: Pemkot Jakpus-PGRI edukasi guru soal pencegahan kekerasan di sekolah

Meskipun sedang dalam masalah, Hasim memastikan kegiatan belajar-mengajar (KBM) di SMAN 65 Jakarta tetap berjalan lancar.

"Ya sebetulnya kelihatan tetap berjalan lancar dari pembelajaran. KBM sih nggak ada masalah," katanya.

Kepala Sudin Pendidikan  Wilayah 2 Jakarta Barat (Jakbar) Diding Wahyudin menyebutkan bahwa Disdik DKJ akan mencari Pelaksana Harian (Plh) Kepala Sekolah SMAN 65 Jakarta untuk menggantikan Indramojo selagi dirinya menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Jadi selama pemeriksaan kesehatan otomatis kan sekolah ditinggal, artinya harus ada Plh-nya, harus ada kepala sekolah penggantinya. Jangan sampai kosong kepala sekolah kan gitu," kata Diding.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024