Madiun (ANTARA) - Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun berhasil meraih juara ketiga Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur 2024 yang merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI.

Penghargaan diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Eddy Supriyanto dalam acara puncak peringatan BBGRM XXI dan HKG PKK ke-52 Provinsi Jawa Timur tahun 2024 di Kota Blitar, Selasa.

"Selamat kepada Kelurahan Manisrejo. Ini adalah hasil kerja keras semua pihak yang sebelumnya sudah mempersiapkan secara matang untuk lomba ini," ujar Pj Wali Kota Eddy.

Pihaknya merasa bangga dan mengapresiasi atas capaian Kota Madiun melalui Kelurahan Manisrejo yang meraih juara 3 lomba gotong royong kelurahan terbaik tingkat Jatim. Adapun, Kelurahan Manisrejo bersaing dengan kelurahan lain dari Kota Surabaya dan Kota Blitar.

Terdapat berbagai indikator yang dinilai dalam loma gotong royong, yakni bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya agama, dan bidang lingkungan.

Selain itu juga materi pendukung yang dapat dijadikan nilai tambah yaitu kreativitas dan inisiatif daerah, produk unggulan daerah, kinerja pemerintah, serta keamanan dan ketertiban.

Baca juga: Pj Gubernur Jatim: Gerakan gotong royong jadikan Jatim maju
Baca juga: Danrem apresiasi masyarakat gotong royong kegiatan TMMD di Situbondo


Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI ini sebagai komitmen bersama-sama untuk melestarikan budaya gotong royong di masyarakat.

"Sekaligus sebagai momentum meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun daerah masing-masing," katanya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan itu mampu meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, semangat kekeluargaan, dan semangat kegotongroyongan untuk membangun daerah.

Baca juga: Puan tekankan gotong royong rumuskan strategi permasalahan air global
Baca juga: Gotong royong ciptakan Sumbawa Barat miliki air bersih, sanitasi layak
Baca juga: Ketua DPR sebut semangat gotong royong kunci kemajuan koperasi

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024