Palembang (ANTARA) -
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Sumatera Selatan, membentuk tim untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sekolah-sekolah guna menyukseskan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.
 
Kepala Disdik Kota Palembang Ansori dikonfirmasi di Palembang, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya membentuk dan menugaskan tim bahkan dirinya juga ikut turun langsung mengawasi dan melakukan sidak di  sekolah-sekolah untuk mengetahui kondisi secara langsung mekanisme guna menyukseskan PPDB 2024.

Baca juga: Orang tua diminta tak paksakan diri sampai curang dalam PPDB 2024
 
Menurut dia, tim tersebut melakukan sidak ke sekolah secara rahasia dan tanpa diketahui pihak sekolah yang akan dikunjungi. Hal tersebut dilakukan guna memastikan bahwa pihak sekolah tidak bisa merekayasa apapun yang mereka lakukan.
 
Ia menegaskan apabila mendapati pihak sekolah melakukan tindakan melanggar hingga adanya perilaku suap, maka pihaknya akan menindak tegas.

Baca juga: Ombudsman Jateng buka posko pengaduan PPDB 2024
 
"Kami pasti melakukan evaluasi apabila ada sekolah yang melakukan pelanggaran, kemudian kami juga mengimbau kepada warga agar melaporkan apabila mendapati hal yang bermasalah melalui aplikasi PPDB tersebut secara langsung," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa saat ini terdapat empat jalur masuk sekolah yaitu jalur afirmasi, zonasi, prestasi, dan mutasi. Jalur afirmasi sudah selesai dan saat ini sedang berlangsung jalur penerimaan melalui zonasi, prestasi, dan mutasi yang berlangsung sejak 7 Juni hingga 13 Juni 2024, dan pengumuman pada tanggal 15 Juni 2024.

Baca juga: Disdik DKI rutin cek posko PPDB untuk pastikan pelayanan berjalan baik
 
"Sidak ini kami lakukan setiap hari tanpa terjadwal agar kesuksesan PPDB tahun 2024 benar-benar tercapai," tuturnya.

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024