Jakarta (ANTARA) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menyiapkan sebanyak sembilan atlet untuk mengikuti kejuaraan kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Budapest, Hungaria, selama 20-23 Juni.

"Ada sembilan atlet panjat tebing yang akan diberangkatkan pada 16 Juni untuk berlaga di Budapest untuk kualifikasi ke Olimpiade Paris," ujar Sekretaris Umum FPTI Wahyu Pristiawan Buntoro ketika dihubungi melalui sambungan telpon di Jakarta, Rabu.

Ke-sembilan atlet putra dan putri yang akan dikirim yaitu Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, Aspar Jaelolo, Raharjati Nursamsa, Rajiah Sallsabillah, Amanda Narda Mutia, Nurul Iqamah, Ravianto Ramdhan, dan Raviandi Ramdhan.

Para atlet akan bertanding pada nomor speed, lead, dan boulder.

Baca juga: Menpora optimistis Veddiq dan Rajiah raih hasil terbaik di Budapest

Pristiawan mengatakan, kejuaraan di Budapest menjadi kesempatan terakhir bagi panjat tebing Indonesia untuk berjuang dalam kualifikasi menuju Olimpiade Paris.

Ia menyebutkan, dari sembilan atlet tersebut, terdapat beberapa atlet yang memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke Paris yaitu Veddriq, Rajiah, dan Kiromal.

"Mereka (Veddriq, Rajiah, dan Kiromal) lebih berpeluang karena untuk lolos ke Paris dihitung poin dari dua kali olympic qualifier series di Shanghai dan Budapest," ujarnya.

Dalam kejuaraan sebelumnya di Shanghai, China, Veddriq berhasil meraih medali emas setelah menumbangkan atlet yang kini menjadi peringkat satu dunia sekaligus andalan China, Wu Peng.

Catatan waktu Veddriq begitu fantastis dengan menorehkan 4,83 detik, mengungguli Wu Peng yang mencatatkan 4,88 detik.

Sedangkan, Rajiah menyumbangkan medali perak dengan catatan waktu 6,74 detik dalam kejuaraan yang sama.

Pristiawan menambahkan, apabila para atlet kembali meraih prestasi maksimal di Budapest maka panjat tebing Indonesia kembali menambah atlet untuk kontingen Indonesia ke Paris bersama dua atlet panjat tebing lain yang sudah lebih dahulu memastikan diri lolos ke Paris yaitu Desak Made Rita dan Adi Mulyono.


Baca juga: FPTI andalkan atlet panjat tebing nomor speed raih medali Olimpiade


Baca juga: KOI ungkap kunci sukses panjat tebing di Kualifikasi Olimpiade

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024