Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat merapikan kabel-kabel semrawut menjelang pelaksanaan Jakarta Internasional Marathon (JAKIM) 2024 yang digelar pada Minggu (23/6).
 
"Saya sudah memberikan arahan, pokoknya kabel-kabel menjuntai yang sekiranya tidak enak dipandang mata, kita rapikan sebelum kegiatan Jakarta Internasional Maraton berlangsung," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Kamis.
 
Dhany menyebut penataan kabel ini bertujuan saat kegiatan marathon berlangsung tidak membahayakan pelari sekaligus menjaga estetika lingkungan di kawasan Jakarta Pusat.
 
Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan,  sudah memberikan arahan ke Suku Dinas (Sudin) Bina Marga untuk secepatnya merapikan kabel-kabel yang masih  semrawut.
 
"Kemarin pagi saya sudah telepon Kepala Sudin Bina Marga supaya dirapikan paling tidak diikat jadi tidak bergelantungan," kata Bakwan.
 
Kabel-kabel yang semrawut itu masih ditemui di beberapa lokasi diantaranya  Jalan Perwira, Gambir dan Jalan Veteran, Gambir.

Pemkot Jakarta Pusat juga memberikan arahan ke Sudin Bina Marga untuk memperbaiki jalan yang berlubang di sekitar lokasi Jakarta Internasional Maraton.
 
"Jadi untuk event maraton ini kita berusaha semaksimal mungkin supaya lintasan ini menjadi bersih, indah, dan nyaman untuk dilintasi. Kita sudah tegas arahkan bina marga kabel-kabel semrawut, mungkin jalan yang berlubang yang dapat membahayakan pelari juga sudah kita lakukan di Jalan Merdeka Barat," jelas Bakwan.
 
Bakwan menegaskan kerapian hingga kebersihan wilayah Jakarta Pusat harus tuntas tujuh hari sebelum (H-7) Jakarta Internasional Maraton berlangsung. Nantinya, Pemkot Jakarta Pusat juga melakukan pemantauan kembali pada Jumat (14/6) di empat titik yakni Patung Kuda, Lapangan Banteng, Pos Polisi (Pospol) Bundaran HI, dan FX Senayan.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat merapikan dan meningkatkan kebersihan sarana umum menjelang Jakarta Internasional Marathon (JAKIM) 2024 di wilayah Kecamatan Gambir, Menteng, Kemayoran, Sawah Besar dan Kecamatan Tanah Abang.
 
Lokasi yang dibenahi, yaitu sekitaran Merdeka Barat, Selatan, Timur, Pejambon, Kawasan Borobudur, Gunung Sahari, Pasar Baru, Lapangan Banteng, Jalan Veteran, Sudirman, Bundaran HI hingga Kuningan.
 
Kegiatan ini serentak dilaksanakan di lima wilayah kecamatan yang masuk rute lintasan lomba maraton tersebut. Khusus untuk kawasan Monas kegiatan bersih-bersih melibatkan lebih dari 400 petugas gabungan.
 
Mereka berasal dari unsur Suku Dinas (Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Kehutanan, Lingkungan Hidup (LH), Perhubungan, Satpol PP serta Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).
Baca juga: Jakpus rapikan sarana umum jelang Jakarta International Marathon 2024
Baca juga: DKI tutup sejumlah jalan saat Jakarta Marathon pada 23 Juni
Baca juga: Heru: Jakarta International Marathon kenalkan Jakarta kepada dunia

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024