Jakarta (ANTARA) - Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) bersama Shanghai Metal Market (SMM) menggelar Asean Tin Industry Conference 2024.

"Kerjasama dengan SMM ini tentunya adalah sebuah upaya ICDX untuk memperluas pasar khususnya dalam bursa timah," ujar Direktur Utama ICDX Nursalam di Jakarta, Kamis.

Nursalam mengatakan bahwa seperti diketahui bersama, komoditas timah merupakan komoditas global yang para buyer-nya tersebar di seluruh dunia.

"Dengan adanya gelaran bersama SMM ini, harapannya ICDX dapat mengembangkan pasar langsung ke berbagai negara pengguna atau konsumen timah," katanya.

Asean Tin Industry Conference digelar bersamaan dengan Indonesia Critical Mineral yang berlangsung selama 3 hari, mulai 11– 13 Juni 2024.

Baca juga: Dukung dekarbonisasi, ICDX jalankan Indonesia Clean Metal Initiatives

Ajang Asean Tin Industry Conference tahun 2024 ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai negara.

Berbagai topik dibahas dalam ajang ini, baik dari sisi kebijakan pemerintah, pengembangan industri, rantai pasok hingga prospek perdagangan timah masa depan.

Sementara itu, Senior Vice President Shanghai Metal Market (SMM) Logan Lu mengatakan, pihaknya melihat Indonesia sebagai penghasil memiliki cadangan timah yang cukup besar di dunia merupakan pemain penting dalam perdagangan timah global.

Kerjasama dengan ICDX dengan menyelenggarakan Asean Tin Industry Conference ini adalah untuk mempertemukan para pelaku pasar timah dunia baik seller maupun buyer.

"Kami melihat ICDX memiliki komitmen kuat untuk terus meningkatkan kualitas perdagangan global khususnya untuk komoditas timah," kata Logan Lu.

Terkait perdagangan timah, ICDX telah menjalankan perdagangan pasar fisik timah melalui bursa sejak tahun 2013.

Dengan adanya bursa ini, ICDX telah menjadi salah satu ikon Indonesia dimata dunia.

Baca juga: ICDX: Transaksi tujuan "hedging" dapat dimanfaatkan produsen komoditi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024