Padang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melalui program Pertamina Goes To Campus memaparkan sejumlah peluang kerja bagi mahasiswa maupun alumni di Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat (Sumbar).

"Tujuan Pertamina Goes To Campus ini untuk mendekatkan Pertamina kepada mahasiswa termasuk menyampaikan peluang kerjanya," kata Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina International Shipping Surya Tri Harto di Padang, Kamis.

Dalam program tersebut, lanjut Tri Harto Pertamina Shipping International menjelaskan peran, kinerja, bisnis, output yang dihasilkan hingga peluang kerja yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa setelah menamatkan studi.

"Jadi, dengan menjelaskan apa itu Pertamina kami berharap mahasiswa ini mempunyai minat untuk bergabung atau berkarier di Pertamina," ujar dia.

Ia menyampaikan peluang berkarier di perusahaan minyak milik negara tersebut terbuka bagi siapa saja. Tidak hanya mahasiswa Unand, setiap anak bangsa memiliki kesempatan yang sama melalui proses seleksi.

Dengan menjelaskan berbagai program yang ada di Pertamina, Tri Harto berharap masyarakat termasuk mahasiswa bisa mengenali lebih jauh perusahaan pelat merah tersebut.

"Pertamina Goes To Campus ini penting. Sebab, banyak yang beranggapan Pertamina ini hanya sekadar menjual minyak saja," kata dia.

Baca juga: PIS catat pertumbuhan profit selalu di atas 50 persen sejak 2021

Sementara itu, Wakil Rektor IV Unand Henmaidi mengatakan program Pertamina Goes To Campus merupakan salah satu peluang dan kesempatan bagi mahasiswa untuk meniti karier setelah tamat.

"Kita berharap ini langkah pembuka bagi alumni dan mahasiswa yang ingin merintis karier," ujar Henmaidi.

Menurut dia, kehadiran Pertamina Goes To Campus memberikan kesempatan kepada civitas akademika untuk menambah wawasan terhadap perusahaan yang bergerak di bidang energi tersebut.

Baca juga: Pertamina: Kapal tanker bersandar di Bengkulu jamin sediaan BBM

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024