Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir optimistis timnas Indonesia bisa bersaing pada babak ketiga kualifikasi untuk mengantongi tiket berkompetisi pada Piala Dunia 2026.

"Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha (untuk lolos kualifikasi Piala Dunia 2026)," ujar Erick melalui akun instagram pribadi: @erickthohir yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara yang bergabung dengan 17 negara lain pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ke-17 negara itu yakni Qatar, Kuwait, China, Korea Selatan, Iran, Uzbekistan, Arab Saudi, Yordania, Australia, Jepang, Oman, Kyrgyztan, Irak, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Palestina.

Secara peringat, kata dia, Indonesia berada di peringkat ke-134, jauh di bawah negara-negara yang timnas sepak bolanya kuat serta menjadi langganan masuk Piala Dunia seperti Iran, Korea Selatan, Jepang.

Namun, Erick mengaku optimistis dengan berbagai persiapan dan kerja keras maka skuad Garuda siap menghadapi negara-negara tersebut untuk meraih kemenangan.

Sebelumnya, Erick mengatakan, skuad timnas harus dipersiapkan secara optimal baik fisik dan mental karena akan melakoni 10 laga kualifikasi yang terdiri dari enam laga pada 2024 dan empat laga pada 2025.

Ia menyebutkan, salah satu langkah yang dilakukan yaitu penyesuaian jadwal pertandingan liga dengan pertandingan timnas agar para pemain bisa berkumpul pada tiga atau empat hari sebelum bertanding.

Baca juga: PSSI bersama pengelola liga selaraskan jadwal liga dengan timnas

"Tidak langsung satu, dua hari berkumpul langsung bertanding, karena ini (pertandingan timnas) kan kelasnya lebih tinggi lagi dan pengelola liga menyanggupi," pungkasnya.

Erick juga telah menggelar pertemuan dengan pelatih Shin Tae-yong untuk membahas persiapan timnas Indonesia dalam menghadapi babak kualifikasi selanjutnya.

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai menekuk timnas Filipina dengan skor 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6).

Pada putaran ketiga, 18 negara akan dibagi dalam tiga grup, masing-masing grup sebanyak enam tim. Peraih peringkat satu dan dua di grup akan mengantongi tiket ke Piala Dunia 2026.

Sementara peringkat ketiga dan keempat akan dibagi lagi dalam dua grup yang bersaing memperebutkan peringkat pertama untuk tampil di Piala Dunia 2026.

Pengundian untuk penentuan grup babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dilakukan pada 27 Juni di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: PSSI pastikan ada pemain U-20 jadi pelapis timnas senior
Baca juga: Erick Thohir: Mudah-mudahan kita diberi kesempatan ke Piala Dunia 2026

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024