Jakarta (ANTARA) - Tim penilai Program Kampung Iklim (Proklim) predikat utama tingkat nasional 2024 melakukan penilaian di RW 03 Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat.
 
"Pak RW tadi mampu menjawab seluruh pertanyaan tim penilai dengan baik dan lugas," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting di Jakarta, Jumat.

Tidak hanya administratif, menurut dia, fakta lapangannya nyata sehingga pihak RW mampu memenuhi seluruh indikator dari penilaian Proklim.
​​​​​​
Hasil dari verifikasi ini nantinya menjadi bagian dari penilaian lomba Proklim predikat utama tingkat nasional tahun 2024.

Baca juga: Jakpus gencarkan program kampung iklim guna atasi persoalan lingkungan
 
Ginting menjelaskan, berbagai indikator dari penilaian Proklim di antaranya pengelolaan sampah yang baik, optimalisasi peran bank sampah, penghijauan lingkungan dan pengembangbiakan maggot.
 
Kemudian, warga juga mengembangkan kebun tanaman obat keluarga (toga) dan kolam gizi di wilayah permukiman mereka.
 
Ginting yakin seluruh kegiatan dan produk dari RW 03 Kelurahan Cikini ini merupakan hasil jerih payah warga. Secara bertahap warga sadar dan berupaya untuk beradaptasi dengan perubahan iklim melalui pembenahan lingkungan tempat tinggal mereka.
 
Adapun peran pemerintahan, mulai dari kelurahan, kecamatan dan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat terhadap penataan lingkungan mereka sekedar melakukan pendampingan serta menjadi motivator.

Ginting berharap, prestasi ini terus dipertahankan meski penilaian lomba telah berakhir. "Tidak mungkin semuanya dari pemerintah dan harapan kita warga juga bergerak. Tidak hanya RW 03 Cikini, tapi semua RW juga bergerak," kata Ginting.

Baca juga: KLHK berikan penghargaan Proklim Lestari untuk Kebon Kosong Jakpus
 
Kepala Suku Dinas LH Jakarta Pusat (Jakpus), Slamet Riyadi menjelaskan, kegiatan verifikasi lapangan oleh tim penilai lomba Proklim tingkat nasional tahun 2024 ini tidak hanya dilakukan di RW 03 Kelurahan Cikini, tetapi juga dilakukan penilaian yang berbeda ke RW 01 Keluhan Gambir.
 
"Memang jadwalnya hari ini verifikasi lapangan di 2 RW. Besok juga sama di RW 06 Petojo Utara dan RW 12 Kebon Kosong," kata Slamet.
 
Pemerintah Kota Jakpus menggencarkan Proklim di wilayah tersebut untuk mengatasi dampak persoalan lingkungan.
 
Empat RW yang mengikuti verifikasi lapangan tingkat nasional, yaitu RW 01 Kelurahan Gambir, RW 06 Kelurahan Petojo Utara (Kecamatan Gambir), RW 12 Kelurahan Kebon Kosong (Kecamatan Kemayoran) dan RW 03 Kelurahan Cikini (Kecamatan Menteng).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024