Manokwari (ANTARA) - Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan menyalurkan bantuan sapi kurban sebanyak 45 ekor kepada sejumlah masjid yang tersebar di enam kabupaten se-Provinsi Papua Barat pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

Sebanyak 45 sapi yang disalurkan di enam kabupaten itu terdiri atas 19 sapi untuk Kabupaten Manokwari, 7 sapi untuk Kabupaten Teluk Bintuni, 7 sapi untuk Kabupaten Teluk Wondama, enam sapi untuk Kabupaten Manokwari Selatan, empat sapi untuk Kabupaten Fakfak, dan 2 sapi untuk Kabupaten Kaimana.

"Semua sapi kurban itu diserahkan melalui masjid di enam kabupaten tersebut," kata Dominggus Mandacan di Manokwari, Sabtu.

Baca juga: Pertamina: Stok LPG aman jelang libur Idul Adha1445 H di Tanah Papua

Dominggus mengatakan bahwa penyerahan bantuan 45 sapi merupakan wujud kepeduliannya sebagai Kepala Suku Besar Arfak terhadap pemenuhan kebutuhan hewan kurban bagi umat Islam di enam kabupaten.

Puluhan sapi tersebut nantinya disembelih oleh masing-masing panitia perayaan Idul Adha kemudian dagingnya dibagikan kepada seluruh umat Islam terutama kaum dhuafa yang selama ini hidup dalam keterbatasan ekonomi.

"Semoga bermanfaat bagi umat Islam yang merayakan Idul Adha tahun 2024," ucap Dominggus.

Baca juga: Pelindo Grup salurkan ratusan hewan kurban perkuat kepedulian sosial

Dominggus mengajak seluruh komponen masyarakat di Papua Barat berpartisipasi menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif guna mendukung kelancaran pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijiriah.

Hal itu, menurut dia, mencerminkan tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam melestarikan kerukunan dan toleransi umat beragama sebagai modal utama merealisasikan pembangunan daerah di masa mendatang.

Baca juga: Pemprov DKI distribusikan 621 ekor sapi untuk warga Jakarta

"Keamanan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat supaya Papua Barat aman, damai, dan tenteram," ucap Gubernur Papua Barat periode 2017-2022 itu.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024