Jakarta (ANTARA) -
Dua anggota Polri Iptu I Putu Candra Kurniawan dan Iptu Andi Muhammad Nurfadli ukir prestasi akademik saat pendidikan di Uni Emirat Arab (UEA) karena karya ilmiah keduanya dinilai terbaik hingga diterbitkan di Rochester Institute of Technology Dubai.

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa prestasi keduanya mendapat apresiasi dari Kapolri berupa pin emas.

Irjen Pol. Dedi menjelaskan bahwa kedua anggota Polri itu tengah menempuh pendidikan pascasarjana di UEA. Iptu I Putu Novi Candra Kurniawan berasal dari Divisi Propam Polri dan Iptu Andi Muhammad Nurfadli dari Polda Sumatera Barat.

"Tesis mereka menjadi satu-satunya karya ilmiah anak bangsa yang diterbitkan oleh Rochester Institute of Technology Dubai," katanya.

Menurut jenderal polisi bintang dua itu, karya ilmiah mereka bisa diterbitkan oleh Rochester Institute of Technology Dubai saat ikut pendidikan Policing Innovation and Leadership yang diadakan oleh Uni Emirat Arab.

Prestasi keduanya, kata dia, berdampak positif karena mengharumkan nama institusi dan bangsa Indonesia di kancah pendidikan internasional.

Baca juga: 11 anggota Polres Pegunungan Bintang terima penghargaan Kapolri
Baca juga: Lemkapi: Penghargaan dari Kapolri jadi motivasi untuk kerja makin baik


"Selama mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian Dubai, dua putra Bhayangkara tersebut berhasil mengukir prestasi dengan penilaian terbaik pada bidang akademik dan jasmani," kata Dedi.

Mantan KadivHumas Polri itu menerangkan bahwa keberhasilan keduanya menjadi wujud nyata Korps Bhayangkara yang bertransformasi menuju Polri Presisi.

Irjen Pol. Dedi berharap raihan prestasi kedua anggota tersebut dapat menjadi motivasi bagi anggota lainnya untuk terus berprestasi.

Keduanya mengikuti pendidikan Policing Innovation and Leadership di Dubai Police Academy sejak Januari 2024. Pendidikan ini dibuka oleh Putra Mahkota Dubai H.H. Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid al Maktoum.

Keduanya menjalani pendidikan selama hampir 6 bulan, bersama dengan ratusan peserta lainnya dari 50 negara.

Iptu Andi Muhammad Nurfadli pada saat menjalani pendidikan didapuk sebagai lulusan bidang akademik terbaik.

Selesai melaksanakan pendidikan tersebut, Iptu Andi Muhammad Nurfadli bersama rekan lainnya akhirnya dilantik oleh Kepala Kepolisian Emirate Dubai Letnan General Abdullah Khalifa Almarri di akhir Mei 2024.

"Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada Bapak Kapolri atas kesempatan yang baik ini kepada kami untuk mengikuti pendidikan Policing Innovation and Leadership," kata Andi.

Diharapkan pula bahwa ilmu yang diperolehnya tersebut dapat diaplikasikan dalam perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian, dapat makin mengabdi pada bangsa dan negara.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024