Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara pada Senin (17/6) atau Idul Adha 1445 H rata-rata berawan dan berpotensi hujan ringan.

"Sebagian besar wilayah Sumatera Utara besok berawan dan hanya berpotensi hujan ringan," kata Prakirawan Balai Besar MKG wilayah I Medan Budi Prasetyo di Medan, Minggu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Senin (17/6) pagi cerah berawan

Baca juga: Minggu, BMKG prakirakan cuaca sebagian besar Indonesia cerah berawan

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah sumatera utara, antara lain di Simalungun, Deli Serdang Samosir, Balige, Langkat, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan di wilayah Serdang Bedagai, Medan, Batubara, langkat dan sekitarnya.

Sementara pada dini hari berawan dan suhu udara rata-rata 16-33 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 97 persen dan angin berhembus dari barat daya - barat laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG imbau petani Lampung periksa prakiraan cuaca berkala saat kemarau

Sementara Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Rizki Fadillah, menyebutkan nelayan dan pemangku kepentingan lainnya harus mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi 2.5 meter yang dapat terjadi di Perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh , dan Samudera Hindia Barat Nias.

Pola angin di Perairan Sumatera bagian utara umumnya dari utara hingga timur dengan kecepatan 02 - 25 knot.

"Gelombang tinggi 2.5 meter berpotensi terjadi Minggu malam sampai Senin malam," katanya.

Baca juga: BMKG: Jakarta cerah berawan pada Minggu pagi

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024