Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof. Zudan Arif Fakrulloh memantau langsung ketersediaan dan harga bahan pangan di sejumlah pasar tradisional pada H-1 lebaran Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Tadi kita pantau pasar bersama-sama dengan pak wali kota di dua pasar berbeda dan hasilnya, stok kebutuhan pokok tersedia cukup banyak dan harganya juga relatif stabil," ujar Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh di Makassar, Ahad.

Baca juga: Mendag sebut harga pangan di Lampung stabil jelang Idul Adha

Pemantauan dilakukan di dua pasar berbeda yakni Pasar Tradisional Terong dan Pasar Pabaeng-baeng Makassar.

 Zudan juga mengapresiasi Pemkot Makassar dalam hal ini Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto karena efektif menjaga stabilitas harga bahan pokok jelang Idul Adha 1445 Hijriah.

"Saya informasikan kepada masyarakat bahwa ketersediaan bahan pangan pokok beras, telur, daging, cabai, bawang merah, daging sapi, saya pantau di pasar ketersediaan cukup. Stoknya tersedia dan harganya relatif stabil," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa pemerintah kota intens melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di pasar tradisional.

"Pertama kita monitoring harga pagi dan sore secara real time. Kedua kita juga punya tiga mekanisme intervensi harga di pasar," tuturnya.

Baca juga: PPSKI: Sapi kurban diminati pejabat harga Rp25 juta sampai Rp150 juta

Upaya-upaya intervensi pemerintah kota dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar guna menekan laju inflasi dilakukan melalui tiga tahapan.

Yakni pertama setiap Selasa dan Kamis dilakukan penjualan bahan pangan pokok secara langsung dari distributor/bulog melalui program Mini Distribution Center (MDC) Tokomoditi dengan menggunakan mobil pengendali inflasi.

"Kedua kita juga melakukan intervensi melalui kontainer di kelurahan khusus komoditi yang naik dari hasil monitoring itu," bebernya.

Intervensi yang ketiga yakni melakukan operasi pasar atau pasar murah di kawasan pemukiman pada saat fluktuasi harga dan gangguan stok distribusi.

"Jadi kita lakukan intervensi tiga lapis untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok," ucap Danny Pomanto.

Dalam peninjauannya, Danny Pomanto turut didampingi Kepala Dinas Perdagangan Arlin Ariesta, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alamsyah Sahabuddin dan Direksi PD Pasar Makassar Raya.

Baca juga: Pemprov Jabar salurkan 2.000 paket sembako di Cirebon stabilkan harga

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024