Bandung (ANTARA) -
Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memusatkan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah/2024 di Lapangan Gasibu Bandung, Senin (17/6), mulai pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Pemprov Jabar, Minggu, shalat id di Lapangan Gasibu akan dipimpin KH Ahmad Zaki Burhani, Pimpinan Pondok Pesantren Azzakiyyatussholihah, Kabupaten Majalengka, sebagai imam.

Kemudian sebagai khatib yakni KH Dede Suherman, Pimpinan Pondok Pesantren Al Inaayah Ciwaas Peuntas Tasikmalaya.

Pada Idul Adha tahun 2024 ini dikabarkan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyumbangkan hewan kurban sapi Pasundan empat ekor dan domba asli Jabar sembilan ekor.

Semua hewan kurban tersebut direncanakan akan dikirim hari Minggu (16/6) ini ke empat lokasi, yakni di sekitar Rumah Dinas Pakuan, yaitu sapi satu ekor (410 kg) dan domba tiga ekor.

Kemudian, sapi satu ekor (350 kg) untuk warga sekitar Masjid At-Taqwa Kebon Sirih, Kota Bandung, serta sapi satu ekor (330 kg) dan domba tiga ekor untuk warga di sekitar Rumah Dinas Rancabentang.

Kemudian lokasi lainnya adalah di RW 16, Dusun 3, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Hewan kurban yang diberikan di Jayagiri, yakni sapi Pasundan satu ekor (435 kilogram) dan tiga ekor domba.

Bey juga direncanakan akan melaksanakan Shalat Idul Adha di desa tersebut.

Desa Jayagiri terletak dalam kawasan wisata Lembang, yang identik dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Tangkubanparahu, Gunung Putri Lembang, perkebunan, pertanian, peternakan, dan beberapa kawasan wisata alam buatan lainnya, di antaranya Farm House, dan Floating Market.

Namun di desa berpenduduk 1.372 orang ini masih banyak keluarga prasejahtera/duafa yang mencapai 242 KK atau sekitar 600 orang. Rata-rata pekerjaan warganya sebagai buruh tani harian.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca cerah saat shalat Idul Adha di wilayah Jabar

Baca juga: Jamaah Majelis Taklim Baiturrahman Jombang gelar Shalat Idul Adha

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024