Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mendukung Kepolisian dengan menerjunkan 250 personel Satpol PP yang berjaga di sepanjang kawasan Jakarta Pusat pada malam takbiran Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Kami tempatkan di kawasan Patung Kuda sampai Bundaran Senayan," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat TP Purba saat ditemui di Pos Polisi Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Personel tersebut disebar di delapan kecamatan, dimana setiap kecamatan memiliki titik-titik lokasi yang berbeda untuk dijaga. Untuk di sepanjang Kawasan Thamrin-Sudirman, kami tempatkan 100 personel untuk berjaga hingga pukul 22.00 WIB.
 
Penjagaan ini difokuskan untuk mencegah adanya tindakan pelanggaran ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) seperti sebagaimana instruksi dari tingkat Provinsi DKI Jakarta. 
 
"Kita menjaga bergantian karena personel yang terbatas, tapi kita optimalkan supaya kita menjaga sampai malam, sebab kalau dilepas pasti akan banyak gangguan trantibum itu. Apalagi menjelang malam takbir ini kita sama-sama dengan Polri di lapangan menjaga," ujar Purba.
 
Selain itu, Purba menjelaskan personel juga diberi tugas tambahan untuk menertibkan  pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di jalan protokol, menjaga keindahan jalanan, kerapian kawasan, serta melepas spanduk-spanduk yang tak berizin.
 
"Kami juga melarang penumpukan pedagang kopi keliling yang biasanya di Bundaran HI. Nah kita menjaga supaya itu bersinergi dengan Polri bahwa kita menjaga di sepanjang Thamrin-Sudirman itu supaya bersih dan aman dari gangguan trantibum. Itu tupoksi (tugas, pokok, fungsi) kita," jelas Purba.
 
Purba mengimbau masyarakat untuk tetap bisa memanfaatkan fungsi trotoar dengan baik, untuk menghargai hak pejalan kaki.

Selain itu, Purba meminta masyarakat untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dibandingkan kumpul-kumpul yang menyebabkan keramaian.
 
"Contohnya untuk tuna netra itu kan ada jalannya akan selalu kita pantau supaya mereka tidak berjualan dan tidak nongkrong kaya anak muda, apalagi buat kegaduhan dan lain sebagainya, jadi harapannya itu," ucap Purba.
 
Lebih lanjut, Purba mengungkapkan pihaknya bersama personel gabungan lainnya akan menjaga kawasan Masjid Istiqlal saat pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijriah esok. Personel tersebut berjumlah 100 yang akan siap siaga mulai pukul 04.00 WIB besok.
 
"Besok saat shalat di Masjid Istiqlal kita juga berjaga 100 personel bersama TNI, Polri, dan Pemprov DKI dari keramaian. Itu yang harus kita sterilkan biar tidak ada keributan, begitu juga perparkiran," ucap Purba.
Baca juga: Polisi perketat penjagaan kawasan Sudirman-Thamrin pada malam takbiran
Baca juga: Margasatwa Ragunan tetap buka pelayanan pada Hari Raya Idul Adha
Baca juga: Pemprov DKI tiadakan ganjil genap saat libur Idul Adha 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024