Jakarta (ANTARA) - Polisi menyiapkan enam pos pantau untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat.
 
"Kami sudah buatkan enam pos pantau yang nanti kita tempatkan di gerbang-gerbang Istiqlal," kata Kapolsek Sawah Besar Kompol Dhanar Dhono Vernandhie saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Dia menyebutkan, enam pos tersebut berada di Gerbang Al Ghaffar, Al Aziz, Al Jabbar, Al Fattah, Al Mukmin, dan As Salam.

Pengamanan tersebut melibatkan 250 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan semua pihak terkait di Masjid Istiqlal.
 
"Kalau di Istiqlal itu kan ada tujuh gerbang, gerbang itu yang nomor satu, yang dekat itu untuk VVIP, Pak Wakil Presiden, selebihnya untuk jamaah atau pejabat VIP. Pengamanan untuk Wapres diambil alih oleh Paspampres (pasukan pengamanan presiden)," ujarnya. 

Baca juga: Cegah antrean, Masjid Istiqlal langsung salurkan daging kurban
 
Ia menjelaskan, Polsek Sawah Besar yang menjadi penanggung jawab dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Pihaknya memfokuskan pengamanan seperti kelancaran akses VVIP, pejabat menteri, para menteri, hingga kelancaran dan keamanan dari jamaah.
 
Selain itu, tim pengamanan gabungan sudah mulai siaga pukul 04.00 WIB untuk melaksanakan apel terlebih dahulu, lalu melakukan mekanisme dan konsep pengamanan seperti biasanya.
 
Ia mengimbau, agar masyarakat untuk bisa datang lebih awal mengantisipasi keramaian, lebih berhati-hati terhadap barang bawaan untuk mencegah adanya tindakan pencurian kendaraan bermotor dan memarkir kendaraa di kantong parkir yang sudah disediakan.
 
"Jadi, meskipun penjagaan sudah kita ketatkan, kita minta bantuan masyarakat sendiri untuk waspada dan parkir itu terutama harus di tempat yang sudah disediakan, di Pertamina, Gereja Katedral, Kantor Kementerian Agama, Lapangan Banteng, SMPN 04 Jakarta, dan Masjid Istiqlal," ucapnya.

Baca juga: Masjid Istiqlal sediakan kantong parkir kendaraan jamaah Shalat Id
 
Lebih lanjut, pihaknya menekankan bahwa pengamanan ini serius, tidak boleh main-main, atau menyepelekan dan menganggap pengamanan ini merupakan hal yang biasa dilakukan.
 
Shalat Idul Adha 1445 Hijriah kali ini, Masjid Istiglal mempercayakan H Martomo Malaing sebagai imam, sedangkan khotibnya Prof Dr Amien Suyitno.

Wakil presiden juga direncanakan melakukan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.
 
"Penyelenggaraan Shalat Idul Adha mulai jam 07.00 WIB dan akan dihadiri Bapak Wapres dan para menteri dan duta besar negara sahabat," kata Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu di Jakarta, Minggu (16/6).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024