Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengatakan, Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah menjadi momentum bagi umat Islam meningkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian, serta indahnya berbagi dengan sesama.

"Yang akan menjadi fondasi utama dalam memajukan pembangunan dan kemakmuran daerah, mewujudkan negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur," terangnya di Palangka Raya, Senin.

Baca juga: Masjid Istiqlal sebut ada 25 ribu permohonan daging kurban
 
Edy Pratowo bersama Sekda Kalteng Nuryakin serta jajaran dan masyarakat melaksanakan shalat Idul Adha bersama di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya.
 
Edy Pratowo mengatakan, sebagai tanda syukur dan bahagia, maka akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban, sebagai wahana silaturahim yang indah, mempererat tali persaudaraan dengan sesama Muslim dan sesama insan, agar terbentuk masyarakat harmonis dan religius yang rukun dan sejahtera.
 
"Melalui Hari Raya Idul Adha, umat Islam diajarkan nilai-nilai ketaatan dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT, serta rasa kepedulian terhadap sesama," ujarnya.
 
Pada Idul Adha 2024 ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kembali menyalurkan bantuan hewan kurban ke seluruh kabupaten/kota, dengan jumlah total sebanyak 1.000 ekor sapi.

Baca juga: Orang hukuman ikut bersembahjang
 
"Terdiri dari 2 ekor sapi limosin 1 ton, 18 sapi limosin 700 kilogram, dan 980 sapi berbobot 300 kilogram," jelasnya.
 
Dia menyampaikan dalam pengadaan hewan kurban tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan peternak lokal dari kabupaten/kota masing-masing, dengan harapan untuk memberdayakan dan menyejahterakan peternak lokal, serta menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.
 
Selain itu, pemprov juga menggelar pasar murah di seluruh 14 kabupaten/kota, sebagai salah satu bentuk kehadiran pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya.

Baca juga: Buat suasana berbeda, Muslim di Jepang shalat Idul Adha di Kayaba Park

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024