Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menerjunkan 130 petugas di 10 kecamatan daerah itu untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Pemeriksaan hewan kurban itu dilakukan untuk memastikan daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat layak dikonsumsi," kata Plt Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Timur Iwan Indriyanto di sela-sela pemeriksaan hewan kurban di Masjid Al Hidayah, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin.
 
Pemeriksaan hewan kurban itu mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan organ dalam hewan kurban, baik sapi maupun kambing dan domba.

"Pemeriksaan yang jelas pada hati dan limpa. Secara organ kelihatan memenuhi syarat sesuai dengan standar pemeriksaan hewan kurban 'postmortem' dan 'antemortem'," kata Iwan.
 
Di Masjid Al Hidayah terdapat enam ekor sapi dan 25 ekor kambing itu, kata dia, kondisi hewan kurbannya dalam kondisi baik.

Baca juga: JIC sembelih 91 hewan kurban untuk dibagikan kepada 9.000 orang

Hingga saat ini, kata Iwan, pihaknya belum menerima laporan adanya hewan kurban yang tidak memenuhi syarat.

"Hingga pagi ini, semua hewan kurban memenuhi syarat untuk disembelih dan layak dikonsumsi," ujarnya.

Iwan juga memberikan tips aman bagi hewan kurban yang layak dikonsumsi, seperti limpanya kalau dipegang keset (kasar) dan kenyal.
 
"Kalau hewan kurban yang tidak sehat, kalau limpanya ditekan tidak balik dan tidak kenyal," katanya.

Sementara itu, Ketua DKM Al Hidayah Taufik Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Sudin KPKP Jaktim yang telah membantu memeriksa hewan-hewan kurban yang telah disembelih.

Baca juga: Idul Adha, Jakarta Islamic Centre sebarkan pesan kedamaian

"Alhamdulillah berjalan baik karena penyembelihan hewan kurban dibantu oleh petugas rumah pemotongan hewan (RPH) Cakung sehingga proses penyembelihan berjalan cepat," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 700 kantong daging kurban yang akan dibagikan kepada warga yang berada di sekitar masjid.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024