Depok (ANTARA) - Jumlah hewan kurban di Kota Depok pada Idul Adha 1445 Hijriah diperkirakan mencapai 32 ribu ekor terdiri atas sapi dan kambing yang dikurbankan tersebar di kota tersebut.

"Totalnya sekitar 32 ribu hewan kurban yang disembelih atau yang dikurbankan. Ini masih terus berlanjut," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat monitoring penyembeliham hewan kurban di Depok, Senin.

Imam menyebutkan jumlah sekitar 32 ribu hewan kurban yang dikurbankan jika dirupiahkan diperkirakan sekitar Rp289 miliar.

"Sebanyak 32 ribu hewan kurban yang dikurbankan. Total transaksi diperkirakan Rp289 miliar," ucap Imam.

Imam menambahkan Pemerintah Kota Depok juga menyalurkan hewan kurban jenis sapi ke masyarakat kota tersebut sebanyak empat ekor.

"Ada empat hewan kurban jenis sapi. Kita potong di RPH sisanya kami sebar di Kota Depok," katanya.

Imam menambahkan Idul Adha merupakan hari raya umat Islam di seluruh dunia.

Baca juga: Masjid Istiqlal terima 62 hewan kurban pada Idul Adha 1445 H
Baca juga: Rayakan Idul Adha 2024, PNM salurkan hewan kurban di daerah tertinggal


Di mana ada dua ibadah di hari raya tersebut yaitu ibadah haji di Tanah Suci dan menyembelih hewan kurban.

"Ibadah haji ke tanah suci dan ibadah kurban," tuturnya.

Imam berharap bagi warga Kota Depok yang menjalani ibadah haji di Tanah Suci semoga diterima dan sempurna atau mabrur dan mabruroh.

Lalu bagi warga Depok yang berkurban juga diterima persembahan hewan kurbannya dan dagingnya bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

"Pribadi saya sekitar 20 sapi dan 3 kambing disebar ke warga yang membutuhkan. Harapannya bisa berbagi dengan masyarakat masyarakat dan ustadz, warga yang belum berkurban dari saya. Mengatasnamakan yang belum berkurban," ungkap Imam.

Sementara itu Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) DKP3 Kota Depok Dede Zuraida menyebutkan penyebaran hewan kurban yang disembelih di kota itu terus bertambah yang diperkirakan sudah masuk data sebanyak 32 ribu.

"Perkiraan 32 ribu. Namun penyebarannya tidak di Depok saja. Tapi ke luar juga. Masih kita update. Kan hari H. Terus sampai hari tasyrik datanya masuk terus di-update. Untuk tahun lalu 28 ribu hewan kurban yang dikurbankan," ungkap Dede.

Dede menambahkan DKP3 Kota Depok bersama tim terus melakukan pemeriksaan hewan kurban yang tersebar di Depok untuk memastikan hewan kurban sehat.

Baca juga: Warga Palembang lakukan tradisi celup kaki ke darah hewan kurban
Baca juga: JIC sembelih 91 hewan kurban untuk dibagikan kepada 9.000 orang

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024