Jakarta (ANTARA) - Penyembelihan 47 hewan kurban di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu hanya dilakukan atau dipusatkan di dua lokasi yakni Dermaga Utama Pulau Panggang dan halaman Masjid Jami Al-Makmuriyah, Pulau Pramuka.

"Kalau di daratan, bisa setiap masjid atau mushalla adakan penyembelihan, tapi di Pulau Panggang tidak bisa karena lahan terbatas dan tempat ibadah tak sebanyak di Jakarta," kata Ketua Panitia Pelaksana Hewan Qurban Pulau Panggang, Baharuddin saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selain itu, kata dia, hal itu untuk memudahkan koordinasi dan pendistribusian daging hewan kurban. "Kali ini total kami menyembelih 23 ekor, terdiri dari 9 ekor sapi dan 14 ekor kambing," katanya.

Ia melanjutkan, kemudian hewan qurban di Pulau Pramuka sebanyak 24 ekor, terdiri sapi 11 ekor dan kambing 13 ekor.

"Daging hewan qurban ini nantinya akan kita bagikan kepada 1.527 kepala keluarga dari 21 RT di Pulau Panggang," katanya. 

Baca juga: Jakarta Selatan periksa status kesehatan belasan ribu hewan kurban

Ia mengatakan, dalam proses penyembelihan hewan qurban ini pihaknya menerjunkan 50 orang petugas, di antaranya 35 orang panitia dan 15 orang relawan.

Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin menilai, hal itu sangat positif karena kurban merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam dan melaksanakannya dapat membawa berkah dan kebaikan bagi umat.

Lebih lanjut, dengan total qurban 47 ekor, diharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Kami berharap agar daging-daging hewan qurban tersebut dapat didistribusikan secara adil kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada yang kurang mampu," katanya.

Selain itu, dirinya berharap pelaksanaan qurban ini dapat mempererat tali silaturahmi antar masyarakat di Kelurahan Pulau Panggang, Pulau Panggang dan Pulau Pramuka serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbagi rezeki kepada sesama.

Baca juga: JIC sembelih 91 hewan kurban untuk dibagikan kepada 9.000 orang

"Semoga qurban 47 ekor ini menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT, dan semoga berkahnya dapat turut dirasakan oleh seluruh masyarakat di wilayah tersebut. Amin," kata dia.

Sebelumnya Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, menegaskan bahwa semua hewan kurban yang didistribusikan ke sejumlah pulau di wilayah tersebut dalam kondisi sehat dan sesuai syariat Islam.

"Sesampai di pulau tujuan akan kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan hewan kurban itu," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Nurliati. 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024