Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 5.108 ekor hewan kurban, kambing/domba disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Program Kurban Berkah Baznas 2024.

Seluruh hewan tersebut direncanakan akan dipotong di berbagai wilayah di Indonesia. Baznas juga masih menerima adanya hewan kurban yang masuk hingga tanggal 11-12 Zulhijah, atau pada hari tasyrik.

Baca juga: Yuni Shara rayakan Idul Adha 1445 H secara sederhana bersama ibu
 
"Melalui Kurban Berkah Baznas 2024 ini, Baznas juga memfasilitasi kurban untuk masyarakat Palestina, dan kurban di daerah bencana. Selain itu, Program Kurban Berkah Baznas juga akan dibagikan kepada mereka yang mengalami stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah-daerah terpencil dan terluar," kata Pimpinan Baznas Bidang SDM, Keuangan dan Umum Nur Chamdani dalam keterangan di Jakarta, Senin.
 
Nur Chamdani menjelaskan tahun ini Baznas pusat menargetkan penghimpunan Kurban Berkah Baznas 2024 mencapai 7.000 ekor setara domba/kambing.
 
Daging kurban ini, jelas dia, akan disalurkan dalam bentuk bermacam-macam, yakni berupa daging sapi/domba segar, serta daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch, dan akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia dan juga luar negeri.
 
Nur Chamdani juga menekankan Baznas akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI.

Baca juga: DKPP Bantul temukan puluhan hewan kurban miliki cacing hati
 
Sementara, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pemberi kurban yang menitipkan kurbannya melalui Baznas.
 
"Kami sangat yakin dari apa yang bapak/ibu sampaikan akan mendapatkan pahala yang tak terhingga dari Allah SWT," katanya.
 
Noor mengatakan program Kurban Berkah Baznas tahun ini berjalan cukup sukses, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang, mulai dari pemberi kurban, penerima kurban, hingga para peternak kurban.
 
"Kurban kali ini alhamdulillah kita cukup berhasil, kami mengucapkan terima kasih kepada para panitia Kurban Berkah Baznas yang telah luar biasa bekerja, kepada para pimpinan, para mudohi juga para mustahik yang telah mempercayakan kepada Baznas," ucapnya.
 
Baznas, kata Noor, juga mengucapkan terima kasih kepada balai-balai ternak yang bekerja sama. Ke depan, seluruhnya diharapkan dapat menjadi mitra-mitra yang terus bisa kerja sama dengan Baznas dalam rangka untuk menyiapkan hewan kurban yang baik, untuk memfasilitasi para pemberi kurban dalam menitipkan kurbannya ke Baznas.

Baca juga: Idul Adha 1445 H, Bukit Asam salurkan 196 sapi dan 65 kambing kurban
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024