Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Malaysia di Jakarta bergotong-royong memasak hidangan daging, dari hewan kurban yang telah disembelih, dalam rangkaian kegiatan Idul Adha di kompleks Kedutaan Besar Malaysia, Senin.

Menurut Wakil Tetap Malaysia untuk ASEAN Sarah Al Bakri, kegiatan tersebut amat bermakna karena menjadi wahana untuk saling berbagi dan bergembira pada momentum Idul Adha kali ini.

“... kesempatan bagi ibu-ibu perwakilan dan warga kedutaan serta masyarakat Indonesia di Jakarta untuk merasakan kegembiraan menyambut hari raya Idul Adha dengan adat Malaysia,” kata Sarah seusai menunaikan shalat Idul Adha di Kedubes Malaysia Jakarta, Senin.

Para ibu sangat antusias ikut serta dalam acara masak bersama, bahkan mereka sudah mulai mempersiapkan bahan masakan sejak Ahad malam, kata Sarah yang juga menjadi panitia acara itu.

Hidangan yang dimasak bersama pada acara tersebut adalah khas Malaysia, seperti gulai kambing, daging masak kunyit, serta sup daging.

Para istri diplomat dan para wanita diaspora Malaysia menyajikan hidangan Idul Adha yang dimasak bersama di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Senin (17/6/2024). ANTARA/Nabil Ihsan.
Makanan tersebut diolah dengan cara khas Malaysia dan bumbu masaknya pun didatangkan langsung dari sana, kata dia, menambahkan.

Agenda masak bersama di Kedubes Malaysia itu dimulai setelah shalat Idul Adha, yang dilanjutkan dengan khutbah dan foto bersama seluruh hadirin, 

Selepas itu, ratusan orang yang sebagian besar di antaranya merupakan diaspora Malaysia di Indonesia tersebut diajak ikut serta memasak daging kurban.

Mereka bergotong royong selama tiga jam memasak hidangan dari daging kurban. Sajian tersebut dihidangkan tepat saat waktu makan siang.

Selain dimasak dan dinikmati bersama, sebagian daging kurban dari empat ekor sapi dan 10 ekor kambing yang disembelih di Kedubes Malaysia pada Senin tersebut dibagikan kepada sekitar 100 keluarga kurang mampu di Jakarta Selatan.

Baca juga: Rayakan Idul Adha, Kedubes Malaysia selenggarakan gelar griya

Baca juga: Mahfud MD ajak umat Muslim ambil hikmah dari pengorbanan Nabi Ibrahim


 

Jokowi serahkan kurban sapi 1,25 ton di Semarang

 

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2024