Jakarta (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak seluruh umat Islam agar menjadikan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah sebagai momentum meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim.
 
"Kita sebagai Muslim patut meneladani Nabi Ibrahim, salah satunya dengan merayakan Idul Adha melalui berkurban atau berbagi dengan sesama," kata Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, usai melaksanakan salat Idul Adha di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Senin.
 
Pada setiap perayaan Idul Adha, kata dia melanjutkan, umat Islam diingatkan mengenai pengorbanan Nabi Ibrahim yang bersedia menyembelih putranya yang sangat dicintainya, semata-mata untuk menjalankan perintah Allah.
 
Ia lalu berharap upaya meneladani hal tersebut membuat umat Islam di tanah air memiliki keimanan dan ketakwaan yang semakin kokoh.
 
"Mudah-mudahan keimanan dan ketakwaan kita semakin kokoh dengan merujuk dan mencontoh sikap total ketakwaan dalam berkurban, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim," kata dia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Gus Halim secara simbolis juga menyalurkan hewan kurban kepada Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Al-Muhajirin untuk disembelih dan dagingnya diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.
 
Tahun ini, Gus Halim menyalurkan total 10 ekor sapi dan empat ekor kambing ke Masjid Al-Muhajirin. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari berbagai pejabat, pegawai, dan mitra kerja Kemendes PDTT.
 
Daging-daging hewan kurban tersebut akan didistribusikan kepada warga sekitar kantor Kemendes PDTT serta beberapa daerah tertinggal dan transmigrasi.

Gus Halim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi memberikan sapi ataupun kambing atas nama keluarga besar Kemendes PDTT.
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, terutama kepada keluarga besar Kemendes PDTT atas partisipasinya. Ada 10 ekor sapi yang disumbangkan melalui Kemendes PDTT," kata dia.

Baca juga: Kapolda: Pelaksanaan shalat Idul Adha di Tanah Papua berlangsung aman

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan sapi kurban ke Masjid Baiturrahman Semarang

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024