Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 47.937 penumpang menggunakan kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur, selama libur Idul Adha 1445 Hijriah.

"Angka tersebut tercatat untuk keberangkatan penumpang mulai hari Jumat (14/6) hingga Selasa ini atau hari terakhir cuti bersama," kata Manajer Hukum dan Humasda KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember, Selasa.

Selama periode libur Idul Adha, lanjut dia, KAI Daop 9 Jember mengangkut 47.937 penumpang dan jumlah tersebut meningkat 14 persen dibandingkan periode yang sama pekan sebelumnya dari Jumat (7/6) hingga Selasa (11/6) yang hanya memberangkatkan 41.987 penumpang.

"Hari ini merupakan libur hari terakhir dan diperkirakan menjadi puncak keramaian para penumpang yang akan kembali menuju perantauan setelah bersama dengan keluarga di kampung halaman," tuturnya.

Baca juga: Menhub ungkap Stasiun Tegal akan dilakukan revitalisasi

Ia mengatakan penumpang yang sudah dilayani Daop 9 Jember mencapai 10.023 penumpang hingga Selasa pagi dan jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah.

Untuk kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember hingga Selasa tinggal menyisakan dua KA yang tiketnya masih tersedia yakni KA Blambangan Ekspres yang berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 19.35 WIB dan KA Mutiara Timur yang diberangkatkan pukul 21.45 WIB.

"Selain kedua KA tersebut, tiketnya telah habis terjual, termasuk KA Pandalungan relasi Jember – Gambir PP dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Cilacap PP," katanya.

Baca juga: Libur Idul Adha, Menhub sebut 88 persen kursi kereta telah terisi

Ia mengingatkan penumpang yang akan bepergian dengan menggunakan kereta api untuk tidak membawa barang bawaan secara berlebihan, agar lebih memudahkan pada saat naik turun dan melakukan pengawasan selama di stasiun maupun di kereta api.

"KAI Daop 9 Jember berkomitmen menghadirkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan selamat untuk para pelanggan mulai saat berada di stasiun, selama dalam perjalanan di dalam kereta, juga ketika para pelanggan tiba di tujuan," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024