Surabaya (ANTARA) - Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menilai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kereta api masih sangat tinggi, terbukti selama libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah sebanyak 99.022 orang menggunakan jasa transportasi tersebut.

"Pada periode 14 -18 Juni 2024, volume pelanggan di Daop 8 Surabaya meningkat 25.410 orang atau 35 persen dibanding periode yang sama minggu sebelumnya, yakni 73.612," ucap Luqman dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Baca juga: 47.937 penumpang gunakan KA di Daop Jember selama libur Idul Adha
 
Sedangkan penumpang yang turun di wilayah Daop 8 Surabaya, kata dia, tercatat sebanyak 96.549 pelanggan, meningkat 20.238 atau 27 persen dibanding periode yang sama minggu sebelumnya.
 
Luqman menjelaskan, adapun tiga stasiun dengan jumlah keberangkatan maupun kedatangan paling favorit di wilayah kerjanya pada periode tersebut ialah Stasiun Surabaya Gubeng dengan jumlah penumpang naik sebanyak 32.172 pelanggan dan turun 29.835 orang.
 
"Disusul Stasiun Surabaya Pasarturi yang naik 27.589 pelanggan dan turun 26.844 orang, kemudian Stasiun Malang dengan jumlah penumpang naik 17.546 dan turun 14.367 pelanggan," ujarnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menjadikan kereta api sebagai transportasi utama selama libur panjang bahkan dalam mendukung mobilitasnya sehari-hari.

Baca juga: KAI operasikan KA Mutiara Timur saat libur Idul Adha
 
"KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menjadikan transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas, terutama pada high season libur panjang akhir pekan," katanya.
 
Luqman menambahkan, sebagai pilihan utama masyarakat, pihaknya akan senantiasa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para pelanggan selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.
 
"KAI Daop 8 Surabaya senantiasa akan terus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para pelanggan dan juga perjalanan kereta api, untuk mengantarkan pelanggan tiba di stasiun tujuan dengan selamat, aman serta nyaman," tuturnya.

Baca juga: KAI Semarang operasikan KA Kaligung tambahan saat libur Idul Adha

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024