Jakarta (ANTARA) - Masjid Istiqlal membagikan daging hewan kurban dari berbagai kalangan, termasuk pejabat negara kepada 25 ribu warga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).
 
"Hari ini ada 60 ekor sapi yang masuk ke panitia, kemudian ada 12 ekor kambing dan akan didistribusikan kepada 225 proposal. Jika dihitung, jumlah jiwanya ada 25 ribu," kata juru bicara Masjid Istiqlal yang juga Kepala Bidang Riayah, Ismail Cawidu, di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Juanda, Jakarta Pusat.
 
Ismail menjelaskan, pendistribusian hewan kurban tahun ini tidak lagi menggunakan kupon, tetapi langsung dibagikan kepada masyarakat sekitar yang sudah terdaftar, beserta panti asuhan hingga rumah tahfidz.
 
"Lokasinya dari luar Jakarta juga banyak. Ada di Jabodetabek, masjid, mushalla, pondok pesantren, itu yang kami prioritaskan adalah rumah tahfidz dan rumah anak yatim," kata Ismail.
 
Ismail memastikan, sebelum matahari terbenam pemotongan hewan kurban di Istiqlal sudah selesai sehingga warga tidak perlu mengantre dan kepanasan di lingkungan Masjid Istiqlal.

Baca juga: Sapi kurban Jokowi disembelih di Istiqlal pada hari tasyrik pertama
 
"Semuanya Insyaallah mudah-mudahan bisa sebelum matahari terbenam InsyaAllah sudah selesai, sudah bisa dimasak. Kalau yang dekat ya, tidak semuanya diantar, kalau yang proposal itu, kami telepon orangnya datang ke sini. Jadi, tidak ada kerumunan warga di masjid," jelas Ismail.
 
Adapun hewan kurban ini di antaranya ada sapi berjenis Simmental dari Presiden Jokowi, sapi Limosin dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sapi Brangus milik Prabowo Subianto, hingga sapi berjenis Limosin dengan bobot 1,5 ton dari Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Penyembelihan hewan kurban memang di Masjid Istiglal dilakukan pada hari kedua, Selasa ini, setelah Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (17/6).
 
Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dari mulai sebelum hewan kurban disembelih, kesehatan hewan kurban, hingga setelah disembelih.
 
"Pada saat penyembelihan juga, kami melakukan pemeriksaan untuk limpa hati dan jeroan hewan kurban. Kami pastikan hewannya sehat sebelum disembelih, tim kami turun ke lapangan sejak hari sebelumnya, hingga hari ini, turun," kata Penty.

Baca juga: Masjid Istiqlal sebut ada 25 ribu permohonan daging kurban

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024