Palangka Raya (ANTARA) - Medik Veteriner Dinas Pertanian Kotawaringin Barat (Distan Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), drh GM Sofyannoor mengungkapkan bahwa pihaknya  menemukan 16 ekor sapi terinfeksi cacing hati dan dua ekor lain mengalami radang paru-paru.

Temuan tersebut setelah melaksanakan pemantauan secara ketat terhadap proses penyembelihan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 H, kata GM Sofyannoor di Pangkalan Bun, Rabu.

"Kami melaksanakan itu bertujuan untuk memastikan bahwa penyembelihan hewan kurban dilakukan sesuai dengan prosedur kesehatan hewan yang telah ditetapkan. Meski demikian asal dimasak secara benar tetap aman untuk dikonsumsi," katanya.

Sofyanoor mengatakan, penemuan tersebut merupakan hasil data pemantauan pihaknya yang dilakukan sejak tanggal 17 pada hari H pelaksanaan Hari Raya Idul Adha hingga 18 Juni 2024.

"Pemantauan hingga kini, masih terus kita lakukan lantaran masih dalam hari Tasyrik yaitu 11, 12 dan 13  Dzulhijjah 1445 H atau hingga tanggal 20 Juni 2024," ucapnya.

Baca juga: DKPP Bintan Kepri temukan kasus cacing hati pada hewan kurban

Dia menyampaikan, pada pelaksanaan kegiatan pemantauan terhadap sapi kurban tersebut, pihaknya menurunkan sejumlah 88 orang petugas. Di mana 88 orang petugas itu tersebar di 259 titik penyembelihan di 6 kecamatan se- Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sofyannoor mengungkapkan, pengawasan dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyembelihan hewan kurban berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.

"Kami ingin memastikan bahwa daging kurban yang diterima masyarakat bebas dari penyakit," kata dia.

Medik Veteriner Distan Kobar itu juga mengungkapkan bahwa terhadap penemuan organ hati dan paru-paru yang terinfeksi cacing hati dan radang paru paru tersebut, langsung dilakukan pemusnahan.

"Kita lakukan pemusnahan agar tidak dikonsumsi oleh masyarakat, langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan kesehatan daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat," kata GM Sofyanoor.

Baca juga: DPKP Tangerang temukan delapan kasus cacing hati pada hewan kurban
Baca juga: Distan Bandarlampung: Bagian daging terpapar cacing hati harus dibakar

Pewarta: Rendhik Andika/Safitri RA
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024