Jakarta (ANTARA) - Tim urutan buncit klasemen akhir NBA 2023-2024 Detroit Pistons resmi memecat pelatih Monty Williams meskipun baru satu musim menjabat, namun klub ini masih harus menanggung utang sisa kontrak Williams yang mencapai 65 juta dollar AS.

Presiden operasi bola basket Pistons yang baru diangkat sebulan lalu, Trajan Langdon, rutin bertemu dengan Williams untuk membahas masa depan klub itu bersamanya. Namun, keputusan memecat Williams berasal dari pemilik klub yang dipimpin Tom Gores, demikian ESPN.

Dengan adanya draft pick dan masa transfer free agent yang semakin dekat, keputusan ini dinilai kurang tepat bagi Langdon untuk mencari pelatih baru.

Pistons baru-baru ini setuju merekrut asisten pelatih New Orleans Pelicans, Fred Vinson, sebagai asisten pelatih utama. Vinson memiliki sejarah bekerja dengan Williams dan Langdon di New Orleans.

Satu tahun sebelumnya, Tom Gores membujuk Williams untuk melatih Detroit dengan kontrak enam tahun senilai 78 juta dollar AS setelah pelatih tersebut dipecat oleh Phoenix Suns. 

Gores menugaskannya membangun kembali Pistons yang sedang terpuruk, namun hasilnya tidak berjalan lebih baik dengan klub tersebut sampai menempati posisi buncit.

Baca juga: IBL 2024, Satria Muda Pertamina Jakarta lepas mantan pemain NBA

Pistons menderita 28 kekalahan beruntun pada musim reguler dan mengakhiri musim dengan catatan terburuk di liga, yaitu 14 menang dan 68 kalah.

Selama lima musim terakhir, Pistons mencatatkan rekor 94-290 (persentase kemenangan 24,5 persen), yang merupakan rekor terburuk di liga. Detroit juga tim paling muda ketiga di liga.

Detroit menempati urutan kelima dalam kesempatan memilih pemain dalam NBA Draft Pick yang akan berlangsung pekan depan.

Pistons bergabung bersama dengan Los Angeles Lakers dan Cleveland Cavaliers yang juga sedang dalam masa kekosongan pelatih. Namun dua klub terakhir semakin mendekati keputusan mengangkat pelatih baru.

Dalam karier kepelatihannya, Williams pernah mencapai Final NBA sebagai pelatih Phoenix Suns pada musim 2021-22, menyelesaikan perubahan besar dengan catatan musim reguler 64-18.

Williams juga mencatatkan rekor 194-115 (persentase kemenangan 62,8 persen) dalam empat musim bersama Suns, dan 173-221 (kemenangan 43,9 persen) dalam lima musim bersama Pelicans yang berakhir dengan penampilan playoff.

Baca juga: Celtics lampaui Lakers raih gelar juara terbanyak dalam sejarah NBA

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024