Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyebutkan pihaknya bersama jajaran Kemenag kabupaten/kota di seluruh Aceh menyembelih sebanyak 773 hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah, yang dibagikan kepada warga miskin, anak yatim, dan warga lainnya yang berhak menerima.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Azhari mengatakan penyembelihan dilakukan serentak pada Rabu (19/6), yang berlokasi di wilayah kerja masing-masing kantor Kemenag kabupaten/kota.

"Khusus di Kanwil Kemenag Aceh dikumpulkan sebanyak 10 hewan kurban sapi," kata Azhari di sela-sela penyembelihan hewan kurban di Kanwil Kemenag Aceh, Banda Aceh, Rabu.

Untuk Kanwil Kemenag Aceh, kata dia, terdapat delapan ekor hewan kurban yang disembelih di kantor wilayah di Banda Aceh, sedangkan dua ekor lainnya disembelih di Gampong Kala Weh Ilang, Kabupaten Aceh Tengah.

Baca juga: Pemkab Aceh Jaya lestarikan prosesi adat seumeuleung

Selain di Kanwil Kemenag Aceh, lanjut dia, ratusan hewan kurban itu juga disembelih di sejumlah Kantor Kemenag kabupaten/kota, madrasah, dan Kantor Urusan Agama (KUA) di Tanah Rencong itu.

"Sebanyak 773 hewan kurban tersebut terdiri atas sapi sebanyak 575 ekor, kerbau sebanyak 14 ekor, dan kambing sebanyak 184 ekor," katanya.

Ia menyebutkan, Kantor Kemenag Kota Sabang sebanyak 10 sapi, Simeulue tiga kerbau, Aceh Utara sembilan sapi, Subulussalam empar sapi dan tujuh kambing, Bener Meriah lima sapi, Aceh Tengah tujuh ekor sapi, Aceh Jaya tiga ekor sapi dan lima ekor kambing.

Kemudian, Kota Lhokseumawe tiga ekor sapi, Nagan Raya tiga ekor sapi dan empat kambing, Banda Aceh 42 ekor sapi dan dua ekor kambing, Aceh Tenggara 14 sapi, Aceh Tamiang 23 sapi dan tujuh kambing, serta Kota Langsa 45 sapi dan 72 kambing.

Baca juga: ASPPI: Perayaan Idul Adha jadi daya tarik wisatawan ke Aceh

Selanjutnya, Kemenag Pidie Jaya 131 sapi dan enam kambing, baik penyembelihan di Kantor Kemenag, madrasah maupun yang diserahkan ke pemerintah kabupaten.

"Untuk madrasah negeri dibagikan untuk semua guru, pegawai, honorer, dan murid," ujarnya.

Kemudian, Kemenag Pidie sebanyak 93 sapi, 12 kambing, dan satu kerbau, Aceh Barat Daya dua kerbau, enam sapi, dan 10 kambing, Bireuen 49 sapi dan tujuh kambing, Aceh Besar 100 sapi dan 48 kambing, serta Kemenag Aceh Barat delapan kerbau, 17 sapi, dan empat kambing.

"Daging kurban ini juga kita bagi dan salurkan kepada saudara kita di luar Kantor Kemenag dan panti-panti asuhan," ujarnya.

Azhari mengapresiasi partisipasi jajaran Kemenag di Aceh dalam syiar ibadah kurban 2024. Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari karyawan di Kemenag yang berkemampuan melaksanakan kurban.

Baca juga: Ribuan warga Aceh shalat Idul Adha 1445 Hijriah di lapangan terbuka

"Mudah-mudahan ibadah kurban ini diterima oleh Allah SWT dan menjadi kendaraan di yaumil akhir," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024