Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia menampilkan miniatur Kapal Rumah Sakit yang merupakan salah satu produk unggulan untuk mendukung operasi kemanusiaan dan kesehatan serta menjadi simbol eksistensi perdamaian di dunia maritim dalam pameran Philippines Marine (Philmarine) 2024.
 
 
CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan, keikutsertaan dalam pameran tersebut merupakan bagian dari upaya untuk terus memperkuat dan memperluas jangkauan produk di pasar internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara.
 
 
 
"Dalam acara kali ini, PT PAL juga dipercaya untuk menampilkan sisi lain kapabilitasnya, yaitu di bidang General Engineering, Elektrifikasi, dan MRO. Kami siap mendukung pertahanan hingga independensi pemanfaatan energi terbarukan pemerintah Filipina," ucapnya.
 
 
 
Kaharuddin menjelaskan, dengan keandalan kapal rumah sakit buatan PT PAL dalam menjalankan berbagai misi telah menarik perhatian dunia, termasuk Filipina.
 
"Antusiasme pemerintah Filipina ditunjukkan melalui Request for Information (RFI) dari Angkatan Laut Filipina terkait kapal Rumah Sakit kepada PT PAL Indonesia," katanya.
 
Kebutuhan tersebut, ditanggapi dengan serius oleh pihaknya melalui pertemuan lanjutan yang akan dilaksanakan selama pameran Philmarine 2024.
 
"Selain itu, PT PAL Indonesia yang juga memiliki pengalaman membangun kapal riset turut menawarkan untuk National Mapping and Resource Information Authority (NAMRIA). Diskusi terkait proyek Kapal Riset dengan pihak NAMRIA dan Land and Sea Tech diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan strategis dan memperkuat kerja sama dalam pengembangan kapal riset yang dibutuhkan," ujar Kaharuddin.
 
Tak hanya itu, saat pembukaan pameran, lanjutnya, dilaksanakan juga agenda presentasi bersama National Power Corporation (NAPOCOR) yang menampilkan pembangkit listrik terapung (BMPP) besutan PT PAL.
 
 
 
"Kami mempresentasikan kapabilitasnya dalam bidang manufaktur Balance of Plant (BOP) untuk proyek Barge Mounted Power Plant (BMPP)," katanya.
 
 
 
Kaharuddin menambahkan, dengan segala upaya tersebut, PT PAL dapat semakin mengukuhkan langkah bisnis ditingkat global, khususnya dalam bentuk dukungan perbankan nasional.
 
 
 
"PT PAL Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan inovasi terbaik dalam industri maritim dan berkontribusi pada pengembangan sektor maritim di kawasan Asia Tenggara," ucapnya.

Baca juga: PT PAL berkomitmen gerakkan rantai pasokan industri di Surabaya
Baca juga: PT PAL catat capaian positif pembuatan kapal ekspor LD Philippines
Baca juga: Dua kapal produksi PT PAL unjuk kebolehan di Latma Carat 2024
Baca juga: PAL dan LUNAS Malaysia MoU bidang teknologi di DSA 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024