Jakarta (ANTARA) -
Personel Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengasah kemampuan dan kompetensi melalui penyelenggaraan kompetisi bertajuk Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) 2024.

"Tidak ada pemadam kebakaran yang jago. Yang ada ialah pemadam kebakaran yang terlatih. Untuk itu, terus latihlah diri Anda sehingga menjadi pemadam kebakaran yang profesional," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan  dalam pesannya di Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia, JFFC yang digelar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Jalan Raya Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, juga diharapkan digelar secara maksimal dan serius, sebagai bahan evaluasi bagi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta untuk membentuk petugas pemadam Jakarta yang mumpuni dan profesional, baik tingkat nasional maupun internasional.
 
Satriadi juga berpesan kepada personel dalam rangka menyongsong Jakarta sebagai kota global untuk tetap mempertahankan pelayanan terbaik yang telah dilakukan selama ini
 
"Eksistensi pemadam Jakarta di tengah masyarakat, serta rasa cinta dan bangga masyarakat Jakarta kepada petugas pemadam kebakaran harus terus dipertahankan," tuturnya.
 
JFFC merupakan kompetisi di bidang skill dan kompetisi antarsektor di lingkungan Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta yang memiliki dua kategori perlombaan, yaitu Braveheart Challenge (Tantangan Keberanian) yang dilaksanakan pada 19-20 Juni, sedangkan Hose Laying (Penempatan Selang) akan dilaksanakan tanggal 24-27 Juni.
 
JFFC tahun 2024 diikuti sebanyak 44 sektor Gulkarmat seluruh Jakarta yang akan berkompetisi memperebutkan gelar juara di tingkat provinsi.
 
Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 497 Tahun Provinsi DKI Jakarta dan HUT Ke-79 Tahun Republik Indonesia, yang mengusung tema Dare to Challenge Yourself (Berani Untuk Menantang Diri Sendiri).
 
Kegiatan JFFC 2024 juga dimeriahkan oleh acara hiburan berupa penampilan musik dari Fire Band, Silent No Gold, dan The Pumpvee yang merupakan band kenamaan di Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta.
 
Kemudian, terdapat bazar UMKM yang didukung oleh Dharma Wanita Persatuan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yang menjual aneka makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain.
 
Selain itu, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta juga bekerja sama dengan PMI untuk membuka layanan donor darah bagi para pengunjung.
Baca juga: PJLP kelurahan disarankan bisa dilatih penanganan kebakaran
Baca juga: Gulkarmat DKI sesuaikan standar operasional karena kurang personel
Baca juga: Kebakaran masih dominasi bencana di DKI Jakarta

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024