Banda Aceh (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban yang sebelumnya dilaporkan tenggelam dan hilang terseret arus di Pantai Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain di Banda Aceh, Kamis, mengatakan korban dengan identitas bernama Agus Mauliadi, berusia 29 tahun, warga Gampong Lamjabat, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh

"Korban dilaporkan tenggelam dan hilang setelah terseret arus saat mandi di Pantai Mon Ikeun, pada Selasa (18/6) sekira pukul 15.30 WIB. Korban ditemukan meninggal dunia pada Kamis (20/6) atau pada hari ketiga pencarian," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Sebelumnya, korban Agus Mauliadi bersama temannya mandi di Pantai Mon Ikeun. Saat mandi, mereka terseret arus laut. Teman korban berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke darat.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi jasad pemuda tenggelam di Pantai Cipatuguran

Baca juga: Tim SAR gabungan lakukan pencarian ABK jatuh ke laut


Mengetahui korban terseret arus, warga dan pengunjung pantai mencoba menolong korban, tetapi tidak berhasil. Kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Basarnas Banda Aceh. Basarnas mengirimkan tim pencari ke lokasi kejadian.

"Tim sempat mencari korban dengan menyisir di atas permukaan air menggunakan perahu karet serta penyelaman titik terakhir korban terlihat. Namun, korban tidak ditemukan serta pencarian dilanjutkan di hari berikutnya," kata Ibnu Harris.

Pencarian korban dilanjutkan pada hari kedua atau Rabu (19/6). Pencarian dilakukan dengan menyisir permukaan air menggunakan dua perahu karet dengan radius lima nautikal mil. Pencarian juga dilakukan di darat dengan menyisir pantai sepanjang satu kilometer. Namun, korban tidak ditemukan.

Korban akhirnya ditemukan pada pencarian hari ketiga, Kamis (20/6). Korban ditemukan di muara sungai Pulau Kapok dalam kondisi meninggal dunia. Jarak lokasi penemuan korban dengan titik terakhir terlihat sebelum hilang sekitar dua kilometer.

"Selanjutnya, jenazah korban dievakuasi dan diserahkan kepada keluarga. Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR ditutup dan personel yang terlibat dikembalikan ke satuan atau instansi masing-masing," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Pencarian korban, selain tim Basarnas Banda Aceh juga melibatkan Rescue KPP, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar, TNI dan Polri, serta masyarakat sekitar.*

Baca juga: Tim SAR Babel mencari tiga ABK kapal nelayan tenggelam di Laut Jawa

Baca juga: Petugas gabungan temukan jenazah nelayan asal Indramayu

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024