Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui tim jejaring pangan melakukan inspeksi mendadak terkait kualitas pangan dan kestabilan harga pangan di Jalan Raya Bekasi, Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta, Kamis.
 
Inspeksi mendadak (sidak) tersebut dipimpin oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar 
didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur Iwan Indriyanto.
 
Sebanyak 130 sampel makanan beragam komoditas yang diambil dari lima pasar swalayan dilakukan pengecekan secara langsung di tempat melalui mobil laboratorium Sudin KPKP Jakarta Timur (Jaktim).
 
Kegiatan rutin yang dilakukan tersebut dalam rangka mengantisipasi peredaran pangan yang mengandung zat berbahaya dan kedaluwarsa serta memastikan keamanan kebutuhan pangan bagi masyarakat.
 
Pengecekan dilakukan juga agar makanan aman dari bahan berbahaya residu, pestisida dan formalin.
 
"Ini kegiatan rutin, selain mengecek kualitas pangan juga mengetahui stabilitas harga pangan untuk masyarakat. Sidak ini secara serentak kita lakukan, tadi juga sudah kita lakukan pengambilan sampel dari komoditi perikanan, perkebunan serta peternakan," kata Anwar.
 
Selain di Cakung, pihaknya melakukan sidak ke swalayan di Jatiwaringin, Cipinang Melayu, Pondok Bambu dan Buaran.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024