Pekanbaru, (ANTARA) - Kepolisian Daerah(Polda) Riau telah menyiapkan langkah pengamanan pada pemilihan suara ulang (PSU) legislatif pada empat kabupaten/kota.

Kepala Polda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kamis menegaskan komitmen untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di Riau dengan profesional dan netral. Dia juga menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan.

"Kami siap mengamankan setiap tahapan PSU legislatif di wilayah Riau. Tugas kami adalah menjamin situasi yang aman dan kondusif bagi seluruh masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya,” kata Irjen Iqbal.

Ada pun empat daerah yang akan menyelenggarakan PSU Pileg di antaranya Kabupaten Inderapura Hulu, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai yang akan dilaksanakan pada 29 Juni 2024. Satu lagi di Kabupaten Rokan Hulu akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024 pada beberapa tempat pemungutan suara.

Ia menyampaikan bahwa Polda Riau telah menyiapkan sejumlah langkah pengamanan, seperti pemetaan wilayah rawan, pengerahan personel gabungan, dan pengamanan logistik pemilu. Pihaknya juga akan melakukan pemantauan dan patroli secara intensif di seluruh wilayah Riau.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa Polda Riau akan berkoordinasi erat dengan seluruh pemamgku kepentingan terkait. Termasuk komisi pemilihan umum, badan pengawas pemilu, TNI, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat lainnya.

“Kita harus bersinergi dan saling mendukung agar pelaksanaan PSU legislatif dan Pilkada serentak 2024 di Riau dapat berjalan lancar, aman, dan damai,” tegasnya.

Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan mengatakan sejauh ini pihaknya juga menyiapkan penyelenggara PSU, memastikan kebutuhan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya serta memastikan pemenuhan anggaran.  
 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024