Jakarta (ANTARA) - Perusahaan riset pasar IPSOS mengumumkan hasil riset bertajuk "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce" yang menemukan bahwa Shopee menjadi lokapasar yang unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan. 

Riset IPSOS yang dimulai pada awal Juni dengan metode Online Panel, dan melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce di Indonesia, ditemukan bahwa Shopee (62 persen) menjadi pilihan pertama yang direkomendasikan konsumen kepada kerabat, diikuti Tokopedia (46 persen), TikTok Shop (42 persen), dan Lazada (36 persen).

"Sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang," kata Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma di Jakarta pada Kamis.

Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, kata Andi, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi kian beragam.

"Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang memengaruhi pilihan tersebut,” jelas dia.

Baca juga: Survei Ipsos: Fitur Shopee Live jadi pilihan utama brand lokal & UMKM

Strategi

Memberikan pengalaman berbelanja secara holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama e-commerce. Terdapat berbagai aspek yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online, berikut ulasannya:

1. Ragam metode pembayaran

Sebesar 64 persen responden menilai Shopee memiliki pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (8 persen).

Sejalan dengan temuan itu, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD) di mana Shopee mendominasi 66 persen diikuti Tokopedia & Lazada 12 persen, dan TikTok Shop 10 persen.

Baca juga: Dongkrak pertumbuhan jenama lokal dan UMKM, Shopee jadi pilihan utama

2. Toko resmi paling beragam

Shopee paling unggul dengan 68 persen dalam menyediakan toko resmi yang beragam, diikuti Tokopedia (15 persen), Lazada (9 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

3. Harga

Konsumen cenderung memilih e-commerce dengan harga termurah, dengan Shopee memimpin di angka 64 persen, Lazada (13 persen), Tokopedia (12 persen), dan TikTok Shop (11 persen).

Keunggulan Shopee didukung program khusus Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui 74 persen responden. Sedangkan fitur harga termurah dari platform lain mencatat asosiasi yang lebih rendah yakni Lazada (49 persen), Tokopedia (47 persen), dan Tiktok Shop (37 persen).

Data itu didukung dengan hasil riset, di mana 88 persen responden kerap memanfaatkan fitur Shopee Garansi Harga Termurah.

Baca juga: Ini faktor yang pengaruhi penjual pilih lokapasar saat Ramadhan

4. Ragam pilihan layanan

Shopee dengan persentase 66 persen masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

5. Fitur interaktif

Kini, fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan
dalam berbelanja.

IPSOS menemukan 63 persen responden menganggap Shopee menyediakan layanan live streaming terbaik, diikuti TikTok Shop (17 persen), Tokopedia (10 persen) dan Lazada (9 persen). Dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee unggul dengan 61 persen, diikuti TikTok Shop (18 persen), Tokopedia (10 persen), dan Lazada (9 persen).

"Beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini, di mana para e-commerce perlu senantiasa berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat," kata Andi Sukma.

Baca juga: Ini lokapasar yang sering digunakan "online seller" versi Ipsos

Rasa nyaman berbelanja online

Riset IPSOS pada awal Juni 2024 juga menemukan beberapa aspek yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman belanja holistik yang memuaskan belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman serta proses pengembalian yang mudah.

IPSOS menemukan bahwa Shopee (60 persen) unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul Tokopedia (16 persen), Lazada (13 persen) dan TikTok Shop (9 persen). Program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal oleh 71 persen responden, melampaui program serupa Tokopedia (43 persen), Lazada (37 persen), dan TikTok Shop (27 persen).

Kebijakan pengembalian barang yang mudah juga penting dalam melengkapi pengalaman belanja holistik pengguna. Sebesar 66 persen pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, kemudian Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan Tiktok Shop (8 persen).

Program Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee juga dikenal luas oleh 77 persen responden, di atas program serupa dari Tokopedia (47 persen), Lazada (44 persen), dan TikTok Shop (31 persen).

"Riset kami menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform," kata Andi Sukma.

"Dari data yang telah kami peroleh dan sajikan melalui riset ini, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat," tutup dia.

Baca juga: Riset Ipsos ungkap keunggulan produk & layanan pengiriman Tokopedia
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024