Jakarta (ANTARA) - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menjadi tuan rumah dari ajang debat bahasa Inggris nasional “National Schools Debating Championship (NSDC) 2024” untuk jenjang tingkat SMA mulai 20-24 Juni 2024.

"Kami percaya bahwa melalui kompetisi ini, para peserta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka, yang sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan," kata Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S(K) dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Melalui acara bertajuk "Speak of Your Mind, Speak for Indonesia" dan diselenggarakan di Kampus Semanggi itu, Yuda menuturkan bahwa kompetisi ini merupakan inisiasi dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang rutin diadakan setiap tahunnya untuk pengembangan prestasi talenta peserta didik.

Baca juga: FH Atma Jaya gunakan "Coursera" tunjang kualitas pendidikan

Lomba debat itu bertujuan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang nantinya akan mengikuti World Schools Debating Championship (WSDC) di tingkat internasional dari 36 kontingen provinsi dan satu tim dari sekolah luar negeri Indonesia yang terdaftar sebagai peserta.

“Melalui NSDC, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, belajar bekerja sama dalam tim, dan membangun kepercayaan diri, memupuk rasa persatuan dan kebersamaan di antara peserta dari berbagai daerah di Indonesia,” kata dia.

Di samping itu, dirinya berharap kompetisi dapat menjadi langkah awal bagi para peserta untuk meraih prestasi di tingkat internasional serta menjadi sarana bagi peserta didik untuk unjuk kemampuan dan kreativitas dalam berdebat mengenai berbagai isu global masa kini.

Baca juga: UAJ sebut 27 mahasiswa peserta Ferienjob sudah kembali ke Indonesia

“Melalui lomba ini, diharapkan siswa mampu berpikir kritis dan mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang di semua aspek kecerdasan. Kami ingin memberikan bekal yang kuat bagi para siswa agar mereka dapat bersaing di WSDC dan membawa nama baik Indonesia di kancah global," kata Yuda.

Kepala Puspresnas sekaligus Kepala Plt. BPTI Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, S.E., M.Si. turut berharap agar ajang debat kali ini dijadikan sebagai tempat berlatih dan mendorong para peserta didik memiliki wawasan pengetahuan yang luas untuk menjawab tantangan global.

“Kami berharap semua upaya dan semangat ini dapat membuat adik-adik peserta dapat termotivasi untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan mengukir prestasi khususnya di bidang debat. Semoga melalui ajang ini dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat dunia,” ujar Maria.

Baca juga: Guru Besar Atma Jaya ajak konsumen berperilaku berkelanjutan

Baca juga: Unika Atma Jaya masuk QS World University Rangkings 2024


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024