Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan sebanyak 2.435 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selama berlangsungnya Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu (23/6).

"Personel kami tempatkan mulai dari start di barat laut pintu Monas sampai dengan tempat finis  di Gelora Bung Karno (GBK)," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Jumat.

Arifin mengatakan personel ini nantinya bertugas mengamankan jalur lintasan yang dilalui dalam Jakarta International Marathon 2024 dan lokasi berlangsungnya acara hiburan yang ditampilkan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

"Dari jalur sepanjang 42 kilometer itu ada anggota yang bertugas, pertama yang ditempatkan ada di 219 lokasi. Kedua ada yang berbagi di 50 titik (sharing point). Sharing point itu ada hiburan-hiburan yang ditampilkan Dinas Kebudayaan di 50 lokasi itu juga ditempatkan anggota," kata dia.

Arifin menuturkan jumlah personel yang diturunkan memang cukup besar mengingat skala acara dan demi memastikan para pelari tidak terganggu selama kegiatan berlangsung.

"Bagaimana anggota kami memastikan tidak ada kendaraan yang melintas, tidak ada orang yang lalu lalang di kawasan tersebut," tutur dia.

Sementara itu, terkait Jakarta International Marathon 2024, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan 36 ruas jalan di sebagian Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan sejak pukul 02.00 WIB hingga 12.00 WIB pada 23 Juni 2024.

Namun, rekayasa lalu lintas dimulai pada Sabtu (22/6)  mulai pukul 21.00 WIB.

Sejumlah ruas jalan yang ditutup antara lain Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur, Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara, Jalan Medan Merdeka Timur sisi barat, Jalan Perwira, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jalan Wahidin Raya, Jalan Gunung Sahari.

Kemudian, Jalan Budi Utomo sisi Selatan, Jalan Lapangan Banteng Utara, Jalan Katedral, Jalan Juanda sisi Selatan, Jalan Veteran sampai dengan simpang Jalan Veteran-Veteran III, Jalan Medan Merdeka Utara (dari simpang Jalan Merdeka Utara-Veteran III sampai dengan simpang Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka sisi Timur).

Lalu, Jalan MH Thamrin sisi Timur, Jalan Jenderal Sudirman sisi timur, Jalan Jenderal Sudirman sisi barat, Jalan Imam Bonjol-Taman Sunda Kelapa (Taman Suropati), Jalan HOS Cokroaminoto dari simpang jalan HOS Cokroaminoto-Imam Bonjol sampai dengan Jalan HR Rasuna Said, Jalan HR Rasuna Said sisi Timur.

Selain itu, Jalan HR Rasuna Said sisi Barat (sebagian), Underpass Mampang Kuningan, Jalan Mampang Prapatan Raya, Jalan Senopati, Jalan Pattimura, Underpass Pattimura, Jalan Hasanudin, Jalan Iskandarsyah Raya, Jalan Prapanca Raya, Jalan Sisingamangaraja sisi timur, Jalan Sisingamangaraja dari simpang jalan Sisingamangaraja-Raden Patah II-Hang Tuah VII sampai dengan simpang CSW.

Ruas jalan lainnya yang ditutup yakni Jalan Sisingamangaraja sisi barat, Jalan Gatot Subroto hingga simpang Gerbang Pemuda, dan Jalan Gerbang Pemuda hingga Pintu 10 GBK.
Baca juga: BTN siapkan hadiah Rp3 miliar di Jakarta International Marathon 2024
Baca juga: Jakpus rapikan kabel semrawut jelang Jakarta Internasional Maraton
Baca juga: Jakpus bersih-bersih jelang "Jakarta International Maraton 2024"

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024