Jakarta (ANTARA) - Wali Kota (Walkot) Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan pengecekan kesiapan akhir  menjelang perhelatan Jakarta Internasional Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu (23/6).
 
Pengecekan ini sekaligus dalam rangka melakukan kerja bakti menjelang JAKIM 2024 yang dalam hitungan hari akan dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-497 Jakarta.
 
"Kegiatan ini adalah persiapan terakhir menjelang pelaksanaan JAKIM 2024 di mana Jakarta Pusat menjadi tuan rumah," kata Dhany di Jakarta, Jumat.
 
Dhany menyebut nanti malam juga akan dilakukan bersih-bersih serentak terutama pada lintasan-lintasan yang dilalui atlet JAKIM 2024. Selain melakukan pembersihan pedestrian, 300 personel gabungan dari kelurahan se-Kecamatan Sawah Besar juga melakukan penataan, mempercantik taman, dan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL).
 
Dhany mengimbau kepada masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan JAKIM 2024 dengan hadir bersama mendukung para peserta maraton.
 
"Intinya kita ingin mendekati standar keamanan, dan kenyamanan mengingat ini adalah ajang internasional. Ini adalah hajat Jakarta yang pesertanya bukan hanya skala nasional tetapi juga internasional maka mari dukung kegiatan ini," ujar Dhany.
 
Menurut Dhany, penyelenggaraan JAKIM 2024 akan memberikan citra positif yang pada akhirnya akan mampu menarik minat wisatawan internasional.
 
Salah satu lintasan yang akan dilalui para pelari yaitu, Jalan Medan Merdeka terletak di wilayah Kecamatan Gambir, oleh karena itu kata Dhany wilayah tersebut harus dibersihkan dan dipercantik agar dapat memberi kesan yang baik.
 
Sementara itu, Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany mengatakan, bersih-bersih ini merupakan kegiatan terakhir yang dilakukan secara bersama-sama.
 
"Kalau mendengar namanya Jakarta Internasional ini merupakan kegiatan internasional yang dilaksanakan di Jakarta, tetapi kita yang mempersiapkannya," kata Denny.
 
Artinya, kata Denny, kegiatan standar internasional tanpa adanya partisipasi dari rekan-rekan kegiatan ini tidak akan sukses. Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh peserta apel untuk bekerja secara efektif.
 
"Saya minta kegiatan pagi ini, Pak Camat dan teman-teman kita laksanakan secara efektif, cepat, dan sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) masing-masing," ujar Denny.
 
Adapun kegiatan bersih-bersih ini diikuti oleh 200 pasukan gabungan yang berasal dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA), Sudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut), Sudin Bina Marga, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Gulkarmat, Sudin Perhubungan, dan Satpol PP.
Baca juga: Pemkot Jakpus pastikan kebersihan kawasan GBK jelang JAKIM 2024
Baca juga: Jakpus rapikan kabel semrawut jelang Jakarta Internasional Maraton
Baca juga: Jakpus rapikan sarana umum jelang Jakarta International Marathon 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024