Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan 200 personel untuk menjaga kebersihan setiap sudut kota  menjelang perhelatan HUT DKI di Monas pada Sabtu (22/6) dan Jakarta Internasional Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu (23/6).
 
"Ini memang sudah menjadi kegiatan rutin untuk menanganinya. Kami pastikan Jakarta tetap bersih dan nyaman. Jumlah personel ada 200 yang kita kerahkan dari Jakarta Pusat untuk kebutuhan di lapangan," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Slamet Riyadi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Slamet mengatakan personel kebersihan akan langsung bergerak setelah apel pagi pelaksanaan kebersihan saat HUT ke-497 Jakarta di kawasan Monas dan sekitarnya, hingga JAKIM 2024 selesai.

Slamet memastikan seluruh sampah akan diangkut meskipun berlangsung hingga malam hari.
 
Selain itu, Slamet menjelaskan untuk mengantisipasi penumpukan sampah, Dinas Lingkungan Hidup telah menyiagakan sebanyak 15 unit armada sampah mulai dari truk sampah anorganik ataupun unit mini truk pengangkut dan sepuluh unit truk penyapu debu jalan atau road sweeper.
 
"Pasukan di Jakarta Pusat dari 200 personel itu nantinya 24 jam terus siaga dan operasi pengerjaannya dibagi menjadi tiga sif," ucap Slamet.
 
Lebih lanjut, Slamet menyebut total personel kebersihan bersama dengan badan air jika digabung dari tingkat provinsi dan suku dinas di wilayah Jakarta lainnya berjumlah 1.500 personel. Lalu, pihak Monas juga mengerahkan sekitar 250 personel untuk bersih-bersih di kawasan tersebut.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang warga khususnya yang ber-KTP Jakarta untuk mengikuti upacara HUT Ke-497 Kota Jakarta di Plaza Selatan Monas.
 
Selain itu, panggung hiburan dengan pengisi acara artis-artis ternama juga turut dihadirkan, seperti Alya Rohali, Maudy Koesnadi, Valerina Daniel, Funky Monkey Band, Wulan Alora KDI dan Denada Idol.
 
Panggung hiburan mulai sore hingga jelang malam dilakukan di dua panggung hiburan yang disiapkan di kawasan Monas. Kegiatan panggung hiburan itu dalam rangka rangkaian HUT ke-497 DKI Jakarta yang bertajuk Malam Jaya Raya.
 
Adapun Perhelatan BTN JAKIM 2024 yang digelar Minggu (23/6) turut melibatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ajang ini menargetkan jumlah peserta mencapai 15.000 pelari, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
 
Tersedia tiga jenis kategori lomba dalam JAKIM 2024, yakni maraton (42,195K), half maraton (21,0975K), dan 10K.
Baca juga: Setu Babakan selenggarakan kegiatan seni peringati HUT ke-497 DKI
Baca juga: Jakpus siapkan ragam band untuk hibur pengunjung Monas pada 22 Juni
Baca juga: Personel Gulkarmat DKI asah kemampuan melalui kompetisi JFFC

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024