Denpasar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya saat menerima kunjungan anggota parlemen Rumania mengajak mereka agar menghadiri Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024 yang masih berlangsung hingga 13 Juli.

“Selamat datang, semoga Bali bisa memberikan vibrasi yang positif, saya sangat senang dan terhormat karena sudah datang ke Bali, saat ini bertepatan juga sedang dilaksanakan Pesta Kesenian Bali, saya berharap bapak ibu bisa meluangkan waktu untuk berkunjung,” kata dia di Denpasar, Jumat.

Kepada rombongan parlemen yang dipimpin oleh Stefan Musoiu, Sang Made menjelaskan soal Pesta Kesenian Bali yang merupakan festival seni budaya tahunan yang digelar Pemprov Bali sebagai wadah aktivitas dan kreativitas seniman.

Selain itu dari sana juga dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya Bali yang dilaksanakan selama sebulan penuh.

Berangkat dari pembahasan PKB 2024, Sang Made berbicara dengan anggota parlemen Rumania perihal perekonomian Bali yang masih bergantung pada sektor pariwisata, dimana kekuatan pariwisata juga lahir berkat adanya tradisi, adat dan budaya.

“Pemerataan ekonomi dan pembangunan di sektor pariwisata menjadi perhatian lebih kami, Bali masih memiliki banyak tempat lain yang sangat bagus selain di Bali Selatan, sehingga kami perhatian dengan penyediaan transportasi publik yang baik untuk mengurai kemacetan yang terjadi selama ini di Bali Selatan," ujarnya.

Untuk itu, Pemprov Bali ingin terus belajar dari Rumania perihal sektor transportasi dan pendidikan yang selama ini sudah berjalan baik.

Stefan Musoiu selaku pimpinan rombongan parlemen Rumania menyampaikan kekagumannya atas keramahtamahan masyarakat Bali dan keindahan destinasi wisatanya.

Ia mengaku senang dengan kerja sama yang terjalin dengan Bali selama ini, bahkan berharap dikembangkan ke sektor lainnya di luar pariwisata, transportasi, dan pendidikan.

“Dari perspektif ekonomi, sudah beberapa kali dibahas antara Rumania dan Indonesia, potensi untuk ruang kerja sama kedua negara sangat kuat, kami berharap bisa sering diskusi untuk kerja sama ke depan di segala bidangnya," kata dia.

Baca juga: Pertama kali saksikan Pesta Kesenian Bali, AHY terkesan
Baca juga: Wamenparekraf sebut Pesta Kesenian Bali ajang promosi pariwisata
Baca juga: Menteri AHY wakili Presiden Jokowi buka Pesta Kesenian Bali

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024