Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan mengerahkan 178 personel untuk mengamankan jalur yang akan dilintasi atlet Jakarta International Marathon pada Minggu (23/6)  demi lancarnya kegiatan olahraga tersebut.

"Untuk setiap titik kita tempatkan dua personel berikut 10 orang tim pendukung," kata Kepala Sudinhub Jakarta Selatan, Bernard Octavianus Pasaribu di Jakarta, Sabtu.

Bernard menuturkan personel tersebut akan ditempatkan di enam zona atau 84 titik jalur lintasan lari Jakarta International Marathon.

Adapun enam zona yang merupakan titik penempatan personel yakni Zona 3 arah selatan seperti Jalan Rasuna Said hingga Mampang Prapatan VII-VIII. Kemudian, Zona 3 arah utara meliputi Jalan Mampang Prapatan V hingga Jalan Setiabudi Utara Raya.

Penempatan personel juga akan dilakukan di Zona 4 arah selatan mulai Jalan Galunggung hingga Jalan Senopati. Zona 5 arah selatan di Jalan Pattimura hingga Kemang Raya, Jalan Pangeran Antasari hingga Jalan Daha.

"Personel Sudinhub Jakarta Selatan juga ditugaskan di Zona 5 arah utara, Jalan Sisingamangaraja hingga Patung Pemuda," terangnya.

Menurutnya, pengerahan personel dilakukan untuk memastikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan peserta Jakarta International Marathon maupun pengendara yang melintas.

"Ada ruas jalan yang masih bisa dilintasi kendaraan seperti, jalur paling kiri Jalan Mampang Prapatan Raya sampai dengan Jalan Mampang Prapatan VII dan VIII.

Selanjutnya, Jalan Rasuna Said arah Mampang jalur lambat, Jalan Rasuna Said arah Menteng jalur paling kiri, serta Jalan Sisingamangaraja dari Bundaran Senayan sampai dengan Jalan Raden Patah II dapat dilalui jalur paling kiri, kemudian melintasi Jalan Raden Patah I ke Jalan Trunojoyo.

"Kita lakukan pengaturan lalu lintas yang maksimal selama penyelenggaraan demi pelaksanaan Jakarta International Marathon berjalan lancar dan tidak ada permasalahan yang berarti di masyarakat," ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup sementara sebanyak 36 ruas jalan yang menjadi rute acara Jakarta International Marathon pada 23 Juni 2024 mulai pukul 04.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Disediakan 16 rute alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan akses sepanjang Sudirman-Thamrin saat berlangsungnya Jakarta Internasional Marathon 2024.

Sedangkan rekayasa lalu lintas sudah akan dimulai pada Sabtu (22/6) mulai pukul 21.00 WIB.
Baca juga: Jakarta International Marathon, MRT Jakarta tambah jam operasional
Baca juga: Jakarta Marathon, DLH pasang tiga unit pemantau udara portabel
Baca juga: Satpol PP DKI siagakan 2.435 personel saat Jakarta Marathon 2024

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024