Jakarta (ANTARA) - Fitur "Circle to Search" pertama kali dikenalkan melalui Galaxy AI lewat kehadiran Galaxy S24 series dari Samsung di awal 2024 dan akhirnya kini hadir secara eksklusif di perangkat Samsung dan Google keluaran terbaru.

Mengandalkan kecerdasan artifisial generatif, fitur "Circle to Search" memungkinkan penggunanya untuk mencari informasi tanpa perlu berpindah aplikasi di layar lewat gesture melingkar di sekeliling dari informasi yang ingin dicari.

Saat ini fitur tersebut terbatas untuk pencarian informasi berbasis teks, namun temuan terbaru menunjukkan bahwa "Circle to Search" kini mulai dikembangkan dan berpotensi untuk mencari informasi berbasis audio atau musik.

Baca juga: "Circle to Search" mungkin akan hadir di iPhone

Baca juga: Google hadirkan variasi "Circle to Search" untuk pengguna iPhone


Dalam laporan Gizmochina, Sabtu (22/6), informasi ini pertama kali diungkap oleh pembocor teknologi AssembleDebug.

Ia menemukan kemampuan "Circle to Search" untuk mencari informasi berbasis audio saat melakukan pembongkaran APK.

Menurut laporan tersebut, versi beta terbaru dari aplikasi Google, yang memfasilitasi Circle to Search pada perangkat Android, memiliki string kode yang merujuk pada tombol pencarian Audio baru.

AssembleDebug berhasil mengaktifkan UI untuk tombol baru ini, yang terlihat seperti not musik.

Pilihan tersebut nantinya akan muncul di sebelah opsi yang ada untuk terjemahan teks di layar.

Tentunya tombol tersebut saat ini belum berfungsi dan Google belum memberikan penjelasan resmi apa pun tentang tujuannya.

Namun, berdasarkan ikon yang dipasang berupa not balok, maka ada spekulasi bahwa mengklik tombol tersebut memungkinkan "Circle to Search" menggunakan mikrofon ponsel untuk menganalisis suara di sekitar.

Fitur ini mungkin berfungsi untuk mendeteksi lagu atau klip audio terkenal, fitur tersebut kemudian akan memberikan informasi yang relevan.

Mungkin juga "Circle to Search" memungkinkan pengguna menyenandungkan lagu untuk identifikasi seperti fitur yang ada di aplikasi besutan Google yakni YouTube.

Apabila benar terealisasi, fitur ini berguna dan bisa membantu pengguna ponsel Samsung dan Google untuk tak perlu menambah deretan aplikasi baru untuk mencari lagu dan hanya perlu mengandalkan "Circle to Search".

Semoga kejelasan mengenai fitur ini bisa ditemukan lewat versi beta aplikasi Google yang akan datang.

Baca juga: Cek fungsi baru dari "Circle to Search" yang bakal dirilis Google

Baca juga: Google 'Circle to Search' mulai terjemahkan secara instan

Baca juga: Tak hanya di Galaxy S24, kini "Circle to Search" hadir di Pixel 8

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024