Surabaya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem merekomendasi pasangan Muhammad Syahrul Munir dan Tri Putro Utomo (Santri) maju pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gresik tahun 2024.

Rekomendasi diserahkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW Partai NasDem Jatim Suhandoyo dan Sekretaris DPW NasDem Jatim Aminurrakhman kepada pasangan "Santri" di Kantor DPW NasDem di Surabaya, Minggu siang.

Muhammad Syahrul Munir yang merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus anggota DPRD setempat mendapat rekomendasi sebagai bakal calon bupati.

Sedangkan Tri Putro Utomo yang dikenal sebagai pengusaha muda dan juga pernah menjabat Bendahara NasDem Gresik diberi rekomendasi untuk bakal calon wakil bupati.

Ditemui usai menerima rekomendasi, Syahrul menyatakan bersyukur dan berterima kasih karena diberi kepercayaan mengemban amanah untuk berjuang bersama di Pilkada Gresik.

"Kami segera konsolidasi dan komunikasi, sekaligus melakukan sosialisasi terjun ke masyarakat agar harapan menang dapat tercapai," ucapnya.

Baca juga: NasDem yakin Ilham Habibie mumpuni untuk memimpin Jawa Barat

Disinggung alasannya memilih Tri Putro Utomo sebagai pendamping, Syahrul melihat potensi serta ketokohannya yang diharapkan mampu ikut mendulang perolehan suara.

"Mas Tri ini pengusaha sukses, beliau juga mewakili Gresik bagian selatan, sedangkan saya representasi wilayah tengah dan utara. Akronim kami juga 'Santri' yang merupakan gambaran dari Gresik," kata politikus muda berusia 33 tahun tersebut.

Diprediksi bakal menantang calon petahana, Syahrul menyatakan sudah siap serta berkomitmen kuat menjadikan Gresik menjadi lebih baik dan maju.

Dengan diberikannya surat rekomendasi kepada pasangan "Santri" maka PKB dan NasDem sepakat untuk berkoalisi pada pilkada yang diselenggarakan 27 November 2024.

Kendati memiliki modal cukup untuk mendaftar ke KPU (PKB 14 kursi dan NasDem dua kursi), namun pihaknya tetap masih berkomunikasi dengan partai politik lain yang memiliki visi misi sejalan.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPW NasDem Jatim Suhandoyo menyampaikan alasan pemberian rekomendasi kepada pasangan "Santri" karena melihat kedua tokoh muda tersebut berkomitmen kuat untuk semakin menyejahterakan masyarakat Gresik.
 
"Kami sudah melakukan berbagai pertimbangan, termasuk komunikasi-komunikasi. Apalagi hasil survei pasangan ini sangat meyakinkan," tuturnya.

Penyerahan rekomendasi itu dihadiri pengurus kedua partai politik, termasuk politikus Gresik yang juga caleg DPR RI terpilih Thoriq Majiddanor atau akrab disapa Jiddan.

Baca juga: NasDem dan PKB tepis rekomendasikan Zulkieflimansyah untuk Pilkada NTB
Baca juga: NasDem senang dan sambut baik tokoh muda di Pilkada Jakarta

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024